Peluang Usaha Kecil Menengah dan Potensinya di Indonesia

Jangan ragu untuk memulai bisnis Anda dalam skala kecil atau menengah karena ternyata peluang usaha kecil masih cukup berprospek cerah di tanah air kita. UMKM atau usaha mikro, kecil,  dan menengah dapat dijelaskan sebagai pelaku bisnis yang bergerak pada berbagai bidang usaha dan menyentuh kepentingan seluruh masyarakat. UMKM bahkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap penyerapan tenaga kerja di masyarakat sekaligus menyumpang PDB atau Produk Domestik Bruto hingga lebih dari 50%.

Peluang Usaha Kecil Menengah di Indonesia - Fotolia

Peluang Usaha Kecil Menengah di Indonesia – Fotolia

Jadi walaupun keterbatasan modal hanya membuat Anda mampu merintis usaha dalam skala mikro tetapi dengan kerja keras dan ketekunan lambat laun usaha yang Anda rintis bisa berpotensi berkembang menjadi lebih  besar.

Trend Peluang Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia

Di Indonesia perusahaan kecil yang telah menyebar dimana-mana ini dapat memberikan kesempatan kerja yang potensial dan menjadi salah satu kontributor dalam pertumbuhan ekonomi yang baik. Ini karena industri kecil mampu menyumbang pembangunan pada berbagai bidang dengan menciptakan lapangan pekerjaan serta perluasan angkatan kerja pada kondisi terjadinya urbanisasi. Dari data yang tercatat sebagia besar usaha di Indonesia berupa UMKM dan berada di sebagian besar sektor usaha yang terdapat di tanah air.

Tak mudah untuk mengatakan dengan tepat tentang peluang usaha kecil tahun ini karena setiap jenis usaha kecil mempunyai pasar dan peminatnya masing-masing. Tetapi untuk jenis usaha yang akan selalu diminati setiap tahunnya adalah bisnis yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Tentu saja tantangan untuk mengembangkan bisnis yang demikian adalah banyaknya pesaing dan produk yang dijual terlalu monoton.

Oleh karena itu, Anda harus tampil beda dengan produk yang inovatif dan unik, bercitarasa lezat, dan jika memungkinkan berharga terjangkau. Konsistensi dalam pelayanan yang memuaskan konsumen terbukti dapat membuat bisnis yang satu ini panjang umur. Tetapi  bila Anda ingin produk Anda dapat disimpan, tahan lama, dan dapat dipasarkan kapan saja, maka Anda bisa memilih produk kerajinan baik yang diolah dengan selera modern atau dengan mendayagunakan barang-barang kerajinan khas daerah tempat tinggal Anda.

Peluang Usaha Kecil dan Potensinya dalam Perekonomian Nasional

Mengingat perekonomian nasional ditopang oleh industri kecil dan menengah, tentu perlu diadakan peluang kerjasama usaha kecil mengingat pada sektor ini terdapat potensi untuk menjaga stabilitas perekonomian negara, meningkatkan pendapatan daerah, menyerap tenaga kerja, menambah penghasilan negara melalui pajak, serta mengembangkan dunia usaha. Selain mengembangkan kesempatan kerja sama, sebaiknya masalah-masalah khas dalam UKM juga perlu mendapatkan perhatian seperti misalnya penerapan manajemen yang masih konvensional atau pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual. Hal ini dapat menjadi penghambat bagi perkembangan perusahaan itu sendiri.

Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung dan menunjang peran serta UKM adalah dengan mendorong penyaluran kredit kepada UMKM pada sektor-sektor usaha tertentu seperti pangan, peternakan, serta perkebunan. Pembiayaan tersebut dilakukan melalui bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah. Selain menerima kredit, usaha kecil tersebut juga akan dibina serta diadakan pendampingan selama masa kredit. Dengan  berbagai upaya tersebut tentu pengembangan peluang bisnis usaha kecil diharapkan bisa semakin digalakkan pada masyarakat.

Sesungguhnya sangat banyak ide usaha untuk mengembangkan potensi atau peluang usaha kecil menengah dengan memanfaatkan sumber daya seperti latar belakang pendidikan atau keahlian Anda, tenaga kerja, serta ketersediaan modal. Bila Anda ingin menjatuhkan pilihan pada bisnis yang berpeluang untuk menghasilkan keuntungan luar biasa maka bisnis kulinerlah jawabannya.

Selain itu, Anda juga dapat memilih sektor jasa seperti membuka kursus privat, salon kecantikan dan rias pengantin, jasa pengecatan rumah, atau perawatan binatang peliharaan pun dapat menjadi peluang usaha kecil yang berprospek bagus.

Info Bisnis:

potensi usaha kecil di indonesia - potensi dan pengembangan usaha kecil di indonesia - potensi dan usaha kecil di indonesia - potensi indonesia yang berhubungan dengan usaha kecil dan menengah adalah - potensi usha kecil di indonesia - Prospek usaha kecil menengah di Indonesia menunjang perekonomian nasional - usah kecil yg panjang umur di indonesia -
Content Protection by DMCA.com