Peluang Usaha Kreatif dan Unik untuk Rumahan – Bagian 2

Jika Anda berjiwa kreatif dan menyukai keterampilan unik tersebut, tak ada yang lebih menyenangkan dari memulai peluang usaha kreatif serta mendapat penghasilan dari kreatifitas Anda. Perkembangan teknologi membuat penyuka aktifitas kreatif memeroleh banyak sumber untuk belajar serta memasarkan hasil kreatifitas mereka, jadi Anda bisa langsung menyambar peluang usaha bisnis kreatif jika sudah punya keahlian yang bisa diandalkan. Banyak kesempatan memulai bisnis kreatif yang “umum” seperti menulis konten situs atau menjadi fotografer pernikahan, namun jika ingin menonjol, Anda juga bisa memulai usaha yang unik serta lain dari yang lain.

Peluang usaha kreatif - Fotolia

Peluang usaha kreatif – Fotolia

Contoh Peluang Usaha Kreatif dan Inovatif

Apakah Anda pandai melukis, menggambar, menulis, memotret atau membuat kerajinan tangan? Inilah beberapa contoh peluang usaha yang kreatif dan inovatif yang bisa dimulai dari rumah, serta membuat Anda menonjol di antara pemilik usaha sejenis:

Dekorasi rumah dengan lukisan mural

Mural kini bukan hanya untuk tembok kota atau kampus. Kini, banyak pelukis mural yang mulai menawarkan keahlian mereka untuk mempercantik rumah. Dengan teknik, warna serta pola yang tepat, mural bisa menjadi dekorasi rumah yang indah. Anda bisa mulai dengan mendekorasi rumah kenalan atau keluarga, lalu mendapatkan rekomendasi dengan memuat testimonial di situs Anda, lengkap dengan foto.

Hantaran bayi

Hantaran pernikahan dan parsel bukan produk yang aneh, namun paket hantaran bayi yang dikemas indah belum begitu populer di Indonesia sebagai peluang usaha industri kreatif. Hantaran bayi bisa dikemas dalam keranjang atau wadah cantik, bukan hanya dibungkus kertas kado, sehingga menjadi hadiah istimewa untuk sahabat atau orang yang Anda kenal. Layanan ini bisa disatukan dengan pembuatan hantaran pernikahan atau ulang tahun, misalnya.

Fotografi spesifik

Fotografi dengan obyek atau tema spesifik seperti pernikahan atau pre-wedding bisa membantu Anda menjaring klien dengan lebih cepat. Akan tetapi, Anda juga bisa kreatif dengan menawarkan obyek foto yang lebih spesifik, seperti foto hewan peliharaan, potret glamor, atau foto artistik untuk bayi dan anak-anak. Layanan spesifik akan memberi Anda spek pelanggan yang kecil tetapi loyal, dan kemungkinan adanya kompetisi juga lebih kecil.

Perhiasan manik-manik atau daur ulang

Kerajinan tangan berupa perhiasan dari produk daur ulang atau manik-manik sudah jamak, tetapi tidak semua berhasil mengemasnya menjadi perhiasan unik yang benar-benar memiliki model elegan, anggun, dan pantas dikenakan wanita dewasa dengan berbagai busana. Perhiasan anggun dan elegan dari bahan daur ulang yang tahan lama pun bisa menjadi hit di kalangan pembeli yang menyukai ide ramah lingkungan.

Dengan mengubah ide kreatif yang sudah umum menjadi lebih unik, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk bersaing dengan pemilik bisnis kreatif serupa.

Tips Memulai Peluang Usaha Kreatif dan Inovatif

Salah satu kelemahan peluang usaha kreatif dan inovatif adalah sulitnya mencari pelanggan jika Anda masih baru, terutama jika produk atau jasa yang Anda usung terbilang sangat baru dan unik. Dalam beberapa kasus, hal ini akan membuat Anda diperhatikan, namun dalam kasus lain, hal ini malah akan membuat usaha Anda susah laku karena banyak orang tak suka mengambil resiko. Untuk menghindarinya, pastikan Anda melakukan riset pasar di area sasaran pemasaran Anda, dan mulailah dengan menjaring pelanggan lokal terlebih dahulu.

Ketika Anda berhasil memberi layanan memuaskan, gunakan testimonial sebaik-baiknya, lengkap dengan foto dan ilustrasi sebagai bukti agar pelanggan lain percaya. Dengan memanfaatkan peluang bisnis kreatif yang spesifik, Anda bisa menaklukkan pasar dengan lebih sedikit pesaing, tapi hanya jika dilakukan dengan benar.

Info Bisnis:

Contoh kasus peluang uasaha terunik - membuat riset pasar wedding fotografi - mural rumahan -
Content Protection by DMCA.com