Peluang Usaha Laundry Kiloan Bagi Ibu Rumah Tangga

Dahulu, usaha laundry hanyalah diminati oleh segelintir orang karena konsumennya pun hanya terbatas pada masyarakat kelas atas yang tidak sempat atau tidak mau mencuci pakaiannya sendiri. Namun di zaman sekarang, usaha laundry kembali eksis bahkan menggaet konsumen tidak hanya dari kalangan tertentu tapi juga semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Nah, peluang usaha laundry di Indonesia terbukti semakin pesat. Apakah Anda tidak tertarik juga untuk mencobanya?

Peluang usaha laundry -  Fotolia

Peluang usaha laundry – Fotolia

Prospek Peluang Usaha Laundry Kiloan

Prospek usaha laundry kiloan tergolong menjanjikan dan menguntungkan. Ada beberapa kelebihan yang akan Anda rasakan jika Anda memilih laundry sebagai jalan usaha Anda. Terlebih saat ini pengguna jasa laundry sudah semakin banyak lantaran faktor ketiadaan waktu untuk mencuci, kondisi fisik yang sudah terlanjur letih, dan keinginan untuk mendapatkan yang serba instan. Pastilah usaha laundry akan membuka peluang rezeki Anda.

Tidak hanya usaha laundry berskala besar yang dibangun di ruko atau bangunan lain yang lebih luas, peluang usaha laundry rumahan juga sangat menjanjikan. Meskipun biaya orang me-laundry cukup murah, Anda tidak akan mengalami kerugian yang berarti. Justru penghasilan bulanan dari usaha ini bisa mencapai jutaan rupiah. Oleh sebab itu, usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga tanpa harus meninggalkan rumah.

Selain karena untungnya yang besar, usaha laundry rumahan juga menjanjikan karena sistem manajemen keuangannya yang lebih simpel dan terhindar dari permasalahan bisnis seperti kekurangan stok, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu pintar-pintar mempromosikan usaha laundry Anda agar semakin laris di masyarakat.

Tips Memanfaatkan Peluang Laundry Kiloan

Sebelum memilih laundry sebagai jalur bisnis Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah awal memulai usaha laundry sebagai peluang usaha rumahan, yaitu:

Lakukan Survey

Cari tahulah tentang minat masyarakat di sekitar tempat usaha Anda, apakah mereka mayoritas berminat pada laundry atau tidak? Jika tidak, mungkin Anda bisa mencari lokasi lain atau bersikeras mengubah mindset orang-orang di sekitar Anda untuk menggunakan laundry. Bisnis laundry biasanya cukup prospektif di daerah-daerah yang sibuk, seperti di sekitar kampus, sekitar pusat pertokoan dan pusat perkantoran. Nah, jika anda tidak tinggal di lingkungan semacam ini, maka sebaiknya anda mempertimbangkan untuk menyewa tempat.

Cari Barang Murah

Usaha laundry tentunya membutuhkan mesin cuci, pengering, setrika, dan lain sebagainya yang dapat mendukung kegiatan laundry. Oleh karena itu, usahakanlah mencari barang-barang yang murah agar Anda tidak keteteran dalam modal. Barang bekas juga tidak masalah selama masih bisa dipakai.

Untuk mendapatkan pasokan kebutuhan harian, seperti deterjen, pengharum dan pelembut, sebaiknya anda bekerja sama dengan pemasok khusus. Selain mendapatkan harga yang lebih murah, ketersediaan pasokan kebutuhan anda juga lebih terjamin.

Lakukan Promosi yang Kreatif

Untuk menarik perhatian masyarakat, tentunya Anda harus melakukan promosi yang unik, misalnya, memberikan diskon khusus atau paket khusus bagi konsumen setia, paket khusus mahasiswa, paket khusus keluarga, dan sebagainya.

Buat business plan

Perlu diingat bahwa bisnis laundry bukanlah peluang usaha tanpa modal. Anda tetap membutuhkan modal awal, setidaknya untuk membeli kebutuhan awal, seperti mesin cuci dan pengering skala laundry, deterjen, pengharum dan pelembut, setrika dan sebagainya. Biaya operasional laundry, seperti air dan listrik juga harus dipertimbangkan dengan matang dalam analisa bisnis laundry kiloan. Untuk itu, sebaiknya buat rencana bisnis atau mintalah masukan dari orang yang memahami usaha ini sebelum anda benar-benar menekuninya.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan jika ingin memanfaatkan peluang usaha laundry sebagai sumber pendapatan alternatif bagi keluarga.

Info Bisnis:

bisnis laundry untuk ibu rumah tangga - prospek bisnis laundy kiloan - peluang usaha laundry bagi ibu rumah tangga - loundry untuk IRT - Loundri kiloan ibu rumah tangga - laundry dimasyarakat kekurangan dan kelebihan - cari barang bekas laundry - bisnis sabun laundry kiloan untuk ibu rumah tangga - bisnis loundry bagi ibu rumahtangga - usaha laundry untuk ibu rumah tangga -
Content Protection by DMCA.com