Peluang Usaha Online di Balik Peluang Usaha Waralaba

Waralaba masih menjadi salah satu peluang usaha pilihan, terutama bagi orang-orang yang belum memiliki pengalaman usaha. Tahukah anda, bahkan mahasiswa pun bisa memanfaatkan peluang usaha waralaba, karena sistemnya yang mudah. Bisnis waralaba cukup menjanjikan, dan merupakan ajang belajar yang cukup baik bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman sekaligus membina mentalitas sebagai pengusaha sejak dini.

Peluang usaha waralaba - Fotolia

Peluang usaha waralaba – Fotolia

Peluang usaha waralaba murah saat ini sangat mudah didapatkan. Ketika anda browsing online, anda akan ditawari puluhan atau bahkan ratusan pilihan, dengan produk yang bervariasi mulai dari kripik, ayam goreng, kentang goreng, hingga makanan/minuman sehat, seperti jus, cappucino cincau dan sebagainya. Nah, bagaimana anda bisa memanfaatkan peluang usaha waralaba modal kecil ini?

Mengelola Website Peluang Usaha Waralaba

Jawabannya ada dua, yakni membeli salah satu waralaba yang sesuai dengan minat maupun anggaran yang anda miliki dan memanfaatkan tawaran waralaba dengan menyediakan plaform bagi pengusaha dan pembeli franchise yang ingin bertemu dan berkomunikasi. Jika anda memiliki keahlian internet dan tidak ingin terjun langsung menjual produk, maka opsi kedua adalah pilihan terbaik. Caranya?

Bangun sebuah website profesional

Buat website yang dirancang khusus sebagai ajang jual-beli bisnis waralaba. Artinya, anda tidak membeli unit usaha, melainkan memberikan peluang bagi penyedia waralaba (franchiser) untuk menawarkan unit bisnisnya kepada orang lain. Dengan kata lain, website yang anda sediakan menjadi ajang promosi bagi franchiser alias perantara antara pengusaha dengan calon pengusaha.

Oleh sebab itu, website tersebut harus dirancang secara profesional dan teroptimasi, sehingga franchiser dapat mempercayakan usahanya untuk dipromosikan melalui website anda. Kunci sukses dari website yang ada miliki adalah transaksi antara pemilik franchise dengan calon pengusaha waralaba.

Tentukan Niche Usaha Waralaba

Anda bisa memilih menyediakan platform untuk semua jenis usaha waralaba. Namun, anda juga bisa berfokus pada satu kategori produk saja. Misalnya, saat ini peluang usaha waralaba makanan dan minuman sangat digemari. Jadi, anda bisa berfokus pada franchiser makanan.

Tentukan Mekanisme Komisi

Lalu, darimana anda bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis ini? Jawabannya adalah pada sistem komisi yang bisa anda tentukan bersama pemilik waralaba. Setiap kali satu paket waralaba terjual melalui anda, maka anda bisa mendapatkan komisi. Anda juga bisa memberlakukan sistem kontrak iklan bulanan atau per paket dengan pemilik waralaba.

Tips Mengembangkan Website Peluang Usaha Waralaba

Setelah membangun website dan menentukan niche, maka tahapan berikutnya adalah ‘mengundang’ pemilik waralaba maupun calon pengusaha:

  • Lakukan optimasi website; caranya adalah dengan teknik Search Engine Optimization (SEO). Anda bisa mendapatkan calon franchiser maupun calon pebisnis waralaba hanya jika website anda ‘terlihat.’ Artinya, website tersebut harus mudah ditemukan.
  • Promosikan melalui media online, seperti media sosial atau Google Adwords. Anda bisa melakukan pengelompokan bisnis waralaba di website anda sesuai harga paket yang tersedia. Dengan demikian, calon pembeli waralaba bisa memilih menurut jumlah uang yang dimiliki
  • Lakukan komunikasi secara intense dengan pemilik usaha waralaba untuk membangun hubungan baik sekaligus mendapatkan informasi tentang peluang usaha yang mereka tawarkan secara lengkap
  • Sediakan media komunikasi (seperti forum) yang memungkinkan pemilik usaha dengan calon pembeli untuk berkomunikasi, bertukar pikiran, menyampaikan ide, informasi, maupun tips
  • Sediakan informasi terupdate tentang peluan-peluang usaha terbaru, seperti peluang usaha waralaba minuman dan makanan yang sedang digemari, atau bisnis waralaba unik. Cara ini dapat meningkatkan popularitas website anda, sekaligus meningkatkan kepercayaan pengunjung.

Peluang usaha waralaba semakin menarik, karena pilihan-pilihan yang ada semakin variatif, dan tawaran harga paket waralaba yang tersedia juga terjangkau. Anda bisa menarik perhatian kawula muda, mahasiswa, bahkan remaja untuk berbisnis sejak usia dini, dengan menawarkan kepada mereka peluang-peluang usaha berbasis franchise (waralaba).

Content Protection by DMCA.com