Peluang Usaha Percetakan: Usaha Potensial Berbasis Kreasi

Dari sekian banyak bisnis atau usaha yang berjalan sampai detik ini, bisa dikatakan bawa bisnis percetakan adalah bisnis yang selalu dibutuhkan. Walaupun sekarang ini sudah banyak tehnologi canggih yang berada dalam genggaman, tetap saja media cetak masih menjadi pilihan orang-orang dalam menikmati informasi. Hal ini terjadi karena bisnis percetakan adalah bisnis yang bisa mengikuti perkembangan jaman. Lalu bagaimana peluang usaha percetakan agar bisa sukses dan bertahan di tengah gempuran persaingan dan dominasi bisnis online?

Peluang usaha percetakan - Fotolia

Peluang usaha percetakan – Fotolia

Pilihan Peluang Usaha Percetakan

Banyak sekali jenis peluang usaha percetakan yang bisa anda coba, sesuai trend dan permintaan di sekitar anda. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa anda pertimbangkan:

Percetakan Kalender

Kalender merupakan benda yang harus ada di rumah, kantor, tempat usaha dan di tempat-tempat penting lainnya. Setiap keluarga maupun instansi pemerintah dan swasta memang membutuhkan kalender. Meski sifatnya musiman, percetakan kalender akan terus dibutuhkan. Jika anda mencari peluang percetakan modal kecil anda bisa memulai dengan usaha ini.

Untuk ini, anda bisa menawarkan langsung jasa percetakan kalender ke unit organisasi pemerintah, organisasi swasta, perusahaan, maupun toko. Karena kalender dipakai sepanjang tahun, banyak pengusaha saat ini menggunakan kalender sebagai media promosi yang murah.

Percetakan undangan

Peluang usaha percetakan undangan dapat menjadi pilihan utama. Walaupun sudah era digital, baik dengan adanya email dan fasilitas jejaring sosial lainnya, undangan dalam bentuk cetak masih digunakan dan dibutuhkan. Bahkan pengundang akan dianggap tak sopan jika mengundang orang yang bukan keluarga dekat tanpa menggunakan undangan. Hingga saat ini, undangan via media sosial hanya dilakukan untuk sahabat yang jauh.

Undangan juga tidak hanya untuk undangan nikah semata, namun juga untuk acara-acara resmipun seringkali menggunakan cetakan yang bagus. Undangan juga dibutuhkan untuk acara hajatan, ulang tahun, atau pesta lainnya.

Prospek usaha digital printing - Fotolia

Prospek usaha digital printing – Fotolia

Percetakan identitas

Percetakan identitas bisa berupa kartu nama, ID card, kartu absen, kartu anggota dan sebagainya. Tentu saja ini bisa menjadi peluang percetakaan rumahan yang bisa anda lakukan di rumah anda. Perluaslah relasi jika anda berniat untuk menjalankan usaha percetakan ini. Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan contoh hasil-hasil anda ke perusahaan-perusahaan. Pilih karya yang terbaik dari anda. Sekali anda dipercaya jalan akan terbuka lebar untuk anda.

Percetakan Digital

Peluang usaha percetakan digital terbuka lebar untuk saat ini. Peminat untuk percetakan digital sangat tinggi. Bukan hanya banner dan spanduk saja yang kini dicari namun wallpaper digitalpun juga mulai diburu untuk menjadi pelindung dinding rumah masa kini. Investasikalah uang anda untuk mesin-mesin digital yang bagus dan mampu untuk diajak bekerja keras bersama anda.

Percetakan buku

Percetakan buku diprediksi sampai kapanpun akan tetap berkembang. Karena setiap orang akan selalu membutuhkan buku, sekalipun e-book telah diciptakan. Para pengusaha percetakan buku dapat dengan yakin bahwa mereka akan tetap stabil karena walaupun sekarang bisa membaca informasi dengan media digital namun akan tetap.mudah dan nyaman dengan membaca buku.

Di antara peluang usaha percetakan, bisnis digital printing merupakan peluang paling menjanjikan, karena sejalan dengan perkembangan teknologi. Dengan modal mesin yang kuat dan mumpuni serta ilmu desain yang bisa dipelajari sambil jalan (karena tak semua percetakan memiliki kemampuan untuk desain) anda bisa mengambil bisnis ini dan menjadikan anda sukses. Untuk sementara waktu, mungkin anda harus mempekerjakan seorang desainer grafis untuk merancang desain-desain yang akan dicetak.

Info Bisnis:

pak toni Seorang pengusaha percetakan ia mendapatkan pesanan membuat 84 selembaran berukuran kecil dan 58 selembaran berukuran besar mesin cetak memilikinya hanya mampu mencetak kelipatan 10 untuk masing-masing ukuran berapa jumlah selembaran yang pak tom - percetakan potensial -
Content Protection by DMCA.com