Peluang Usaha Pertanian di Daerah Perkotaan? Why Not?

Lahan hijau di daerah perkotaan semakin hari semakin sedikit, namun jika bisa memanfaatkannya dengan baik, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang menarik. Anda mungkin berfikir bahwa peluang usaha pertanian hanya tersedia di daerah pedesaan. Kenyataannya tidak. Lahan hijau di daerah perkotaan bisa anda manfaatkan untuk menjalankan usaha sektor pertanian.

Peluang usaha pertanian di daerah perkotaan - Fotolia

Peluang usaha pertanian di daerah perkotaan – Fotolia

Bisnis dan pertanian adalah dua hal yang baik untuk digabungkan, yakni menjadi agribisnis. Selain untuk membuka lapangan pekerjaan, anda juga bisa belajar untuk meningkatkan produktivitas, hasil dan ide untuk mengembangkan usaha secara profesional. Dengan semakin terbatasnya lahan hijau, maka anda dapat memanfaatkan lahan kecil sederhana di pekarangan rumah. Lalu, apa saja peluang usaha bidang pertanian yang paling menjanjikan?

Peluang Usaha Pertanian di Lahan Kecil

Berikut adalah beberapa ide cerdas usaha bidang pertanian yang dapat anda kembangkan dengan memanfaatkan lahan kecil.

Sayuran dan Buah Organik

Sayur dan buah merupakan komoditas yang paling dibutuhkan oleh masyarakat. Di tengah berkembangnya pola hidup sehat, tak ada salahnya menjadikan pertanian organik sebagai salah satu peluang usaha pertanian yang menjanjikan. Banyak pilihan sayur dan buah yang dapat ditanam, seperti sawi, wortel, hingga jagung manis. Sedangkan buah umum yang sering ditanam secara organik adalah anggur, apel, jeruk, semangka hingga buah naga.

Peluang usaha pertanian organik ini sangat menguntungkan. Namun yang harus diperhatikan adalah, sebelum memulai anda harus benar benar belajar bagaimana merawat dan menjaga hasil panen agar tetap steril dan terjaga kesegarannya. Selain itu, anda harus pintar memilih bibit bibit yang baik untuk ditanam. Peluang usaha ini, selain meningkatkan pendapatan, juga merupakan cara untuk mendukung pola hidup sehat.

Tanaman Hias

Tak kalah dengan usaha pertanian organik, usaha tanaman hias juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin bergerak di bidang pertanian untuk wilayah urban. Mulailah dari skala yang kecil namun dibantu dengan pemasaran yang baik. Anda bisa menawarkan jasa penyewaan tanaman hias ke berbagai kantor atau event. Anda dapat bekerjasama menjadi supplier untuk EO yang membutuhkan tanaman hias.

Selain itu, untuk meningkatkan minat masyarakat akan usaha tanaman hias, anda bisa mengikuti pameran atau membuka kelas untuk membantu masyarakat dan UKM belajar merawat dan mengelola tanaman hias yang baik. Pintar-pintarlah melihat jenis tanaman hias apa yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat.

Tanaman Rempah dan Bumbu

Usaha tanaman rempah rempah juga menjadi salah satu pilihan peluang usaha agribisnis pertanian di wilayah perkotaan. Selain dibutuhkan, tanaman rempah rempah juga dibutuhkan untuk pembuatan obat herbal dan bahkan untuk ekspor. Anda bisa menanam apotik hidup seperti kunyit, jahe hingga lengkuas, atau menanam bahan bumbu dapur seperti bawang merah, serai atau daun salam. Selain bisa menjadi peluang usaha, anda pun bisa mengurangi biaya untuk memasak sehari hari.

Menanam rempah rempah dan bumbu bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di sektor pertanian. Mengapa? Target pasar anda bisa dari tetangga sekitar ataupun warung maupun grosir. Karena berusaha menanam sendiri, tentu tanaman rempah rempah anda dapat bersaing dengan harga yang ada di pasaran. Menyenangkan bukan?

Masih banyak lagi peluang usaha pertanian yang menjanjikan. Anda memiliki banyak kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis dan pertanian Indonesia secara bersamaan. Peluang usaha ini bisa dimulai dengan memanfaatkan lahan lahan kecil bahkan lahan di rumah anda. Banyaklah belajar dan mencoba maka anda bisa melakukannya dengan baik.

Info Bisnis:

bisnis bidang pertanian di perkotaan - menanam rempah-rempah di perkotaan - peluang usaha perkebunan di perkotaan - peluang usaha tanaman di perkotaan - usaha agro bisnis di perkotaan - usaha di perkotaan - usaha pertanian di perkotaan -
Content Protection by DMCA.com