Peluang Usaha Pertanian: Prospek dan Contohnya untuk Anda

Indonesia adalah Negara agraris, di mana sumber mata pencaharian utama penduduknya adalah di bidang agraria atau pertanian. Sayangnya, perkembangan zaman membentuk stigma masyarakat modern bahwa petani atau pekerjaan apapun yang berhubungan dengan pertanian adalah pekerjaan yang rendahan. Peluang usaha pertanian tidaklah hanya sekadar menanam dan memanen. Sebaliknya, bidang agraria justru memiliki banyak celah yang dapat memberikan keuntungan. Lebih dari itu, usaha di bidang pertanian sangatlah variatif asal kita jeli untuk melihat peluang.

Peluang usaha pertanian - Fotolia

Peluang usaha pertanian – Fotolia

Prospek Peluang Usaha Pertanian di Indonesia

Bersyukurlah kita tinggal di Indonesia. Negara khatulistiwa yang membentang dengan luas ini dianugrahi tanah yang subur. Bahkan pernah ada istilah “tanah surga” yang mengisyaratkan bahwa tanah di Indonesia ditanami dengan apapun pastilah tumbuh, tidak seperti di luar negeri yang terbatas jumlah varietas tanaman yang dapat ditanamnya. Belum lagi, hambatan yang datang dari  banyaknya musim di sana. Bidang agraris mungkin bukanlah hal yang diungguli oleh Negara selain Indonesia.

Peluang usaha pertanian yang menjanjikan dan menguntungkan sebenarnya sangat banyak. Dengan dibumbui kreativitas, bukan tidak mungkin peluang itu akan bertambah lagi. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam ini haruslah dimanfaatkan dengan baik oleh para sumber daya manusianya. Sebelum nanti kita mengeluh jika kekayaan kita diklaim oleh pihak asing, cobalah beberapa usaha yang berbasis pertanian. Selain karena menguntungkan, kita juga turut membantu Negara untuk mempertahankan jati dirinya.

Contoh Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Seperti diutarakan sebelumnya, peluang usaha dalam bidang pertanian sangatlah banyak di Indonesia. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, berikut adalah beberapa contoh usaha dalam bidang pertanian yang saat ini cukup digemari tahun ini:

Budidaya dan Penjualan Sayuran dan Buah Organik

Sayuran organik cukup menarik di mata konsumen. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya permintaan atau pencarian dari masyarakat terhadap sayuran organik, seiring dengan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Sayuran organik yang cukup diminati yaitu jagung manis, tomat, wortel, terong, dan masih banyak lagi.

Peluang usaha pertanian buah organik - Fotolia

Peluang usaha pertanian buah organik – Fotolia

Selain sayuran organik, buah organik juga cukup menarik perhatian masyarakat untuk dijadikan peluang usaha pertanian organik. Buah-buahan organik yang ramai di pasaran yaitu di antaranya semangka organik dan melon organik. Namun ingat, hindarilah bahan kimia dalam proses bertani organik.

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias kian digemari oleh masyarakat. Sebab tak sedikit manusia yang mencintai keindahan alam yang dikemas dalam bentuk apik. Anda bisa menjual tanaman yang sudah Anda hias kepada kantor, rumah, atau lembaga manapun yang membutuhkannya.

Budidaya dan Penjualan Rempah-rempah

Indonesia adalah salah satu pemasok rempah-rempah terbesar di dunia. Bahkan saking berkualitasnya, rempah-rempah Indonesia seringkali diekspor ke mancanegara. Biasanya rempah-rempah yang dijual digunakan untuk bahan membuat obat herbal, untuk bumbu masakan, dan sebagainya.

Menjual Alat Pertanian

Oleh karena pertanian merupakan lahan bisnis yang menggiurkan, tentunya banyak sekali orang yang mengoptimalkan sawah atau ladangnya agar bisa menjadi lahan terbaik. Anda bisa menjual alat-alat pertanian seperti pupuk, obat hama, bibit, dan peralatan mesin pertanian.

Bagaimana? Sudah ada ide yang menyantol di hati Anda? Anda tak perlu memiliki lahan sendiri untuk dapat menjajal peluang usaha bidang pertanian. Anda hanya perlu niat dan jaringan atau rekanan yang memiliki lahan pertanian yang produknya akan Anda jual tersebut. Namun jika Anda mempunyai lahan pertanian sendiri, itu lebih bagus lagi. Jadi Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli produk dari pemilik lahan lain.

Info Bisnis:

pengertan prospek atau peluang beserta contohnya - contoh usaha pertanian di indonesia - afa itu frosfek dan contoh nya - pengertian peluang usaha agraria - peluang bisnis pertanian - contoh usaha pertanian - contoh usaha kecil agraria - contoh usaha dibidang pertanian - Contoh peluang usaha dibidang agraris - contoh peluang usaha dalam bidang pertanian - contoh dibidang usaha agraria atau pertanian - contoh bidang usaha pertanian - celah bisnis pertanian - bisnis pertanian yang menjanjikan - bidang usaha pertanian sayur organik - Bagaimana prospek peluang pertanian di indonesia - pengertian peluang usaha dalam bidang pertanian -
Content Protection by DMCA.com