Peluang Usaha Rental Mobil: Tips Memulai dan Bertahan

Mobil semula memang menjadi kebutuhan tersier bagi masyarakat Indonesia. Namun lambat laun tampaknya bergeser atau bisa disebut naik tingkat menjadi kebutuan sekunder. Hal ini banyak dilihat dari banyaknya kebutuhan-kebutuhan yang harus diakomodir dengan menggunakan mobil. Namun karena harga mobil yang cukup mahal membuat banyak masyarakat yang tak mampu memilikinya. Peluang usaha rental mobil semakin besar karena tingkat mobilitas masyarakat modern yang semakin tinggi.

Peluang usaha rental mobil - Fotolia

Peluang usaha rental mobil – Fotolia

Usaha rental mobil tidak hanya prospektif di sekitar daerah-daerah wisata, namun juga di kota-kota madya hingga kota-kota besar yang dikunjungi banyak orang dari luar daerah. Bahkan, sasaran rental mobil tidak hanya pendatang, melainkan juga masyarakat setempat yang membutuhkan sarana transportasi untuk acara-acara tertentu. Lalu sebesar apakah Peluang usaha rental mobil rumahan?

Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Rental Mobil

Saat ini para pemain usaha rental mobil memang sangat banyak. Namun, hal ini tidak menutup peluang usaha bisnis rental mobil bagi yang baru akan menggelutinya. Karena kebutuhan akan penggunaan mobil sangat besar di masyarakat. Berikut adalah hal hal yang perlu anda sedikan untuk memulai bisnis ini.

Armada Mobil

Modal utama dalam jasa ini memang mobil, namun sebenarnya anda tak perlu memiliki banyak mobil untuk memulai usaha ini. Bahkan anda pun tak perlu menyediakan mobil khusus untuk direntalkan. Untuk tahap awal, anda bisa menggunakan mobil anda untuk di-rentalkan.

Garasi

Sediakan lahan yang cukup untuk dijadikan sebagai garasi untuk mobil yang akan di-rentalkan. Meksi bukan merupakan komponen utama, garasi sangat penting untuk menjamin bahwa mobil anda terlindung dari faktor cuaca (seperti panas dan hujan) saat tidak digunakan. Bisa jadi itu mobil-mobil dan usaha anda sendiri, namun bisa juga mobil-mobil dari suatu rental besar yang memang membutuhkan garasi yang aman untuk mobil-mobilnya. Peluang menyewakan ini sangat terbuka karena pelaku usaha ini bisa dibilang tak banyak.

Jaringan

Bisnis rental mobil akan berkembang dan aman lebar bila anda sebagai pelaku bisnis memiliki jaringan yang luas, baik dia ntara sesama pengusaha rental mobil juga masyarakat yang membutuhkan jasanya.

Tips Sukses dengan Usaha Rental Mobil

Peluang bisnis rental mobil memang terbuka luas, namun anda bukanlah satu-satunya pelaku dalam bisnis ini. Jadi, strategi promosi dan bertahan sangat penting.

Kerjasama antar pelaku bisnis

Salah satu strategi bertahan dalam usaha jasa rental mobil adalah kerja jasama dengan pelaku bisnis yang sama.  Peluang kerjasama bisnis rental mobil diperlukan untuk menghindari persaingan tidak sehat dan sebagai ajang untuk berbagi informasi mengenai kebutuhan armada pada suatu even. Dengan cara ini, para pelaku bisa saling mengisi kekosongan job rental bila rekan membutuhkan mobil yang readi untuk suatu panggilan job. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan tour and travel.

Promosi

Strategi berikutnya untuk memanfaat peluang jasa usaha rental mobil adalah promosi yang tepat. Promosi merupakan hal yang penting dilakukan oleh perusahaan rental mobil maupun perseorangan. Promosi bisa melalui perseorangan, namun juga bisa promosi ke perusahaan-perusahaan atau lembaga pemerintah yang membutuhkan mobil rental.

Usaha rental mobil memang cukup menjanjikan, namun bukan tanpa resiko. Beberapa resiko yang sering terjadi adalah penyewa rental mobil tidak bisa membayar jasa sewa tepat waktu, kemungkinan penipuan atau pencurian oleh penyewa, dan kemungkinan kerusakan akibat penggunaan yang tidak hati-hati oleh konsumen.  Banyak kasus kehilangan telah terjadi pada usaha ini.

Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara pemilik mobil dan penyewa. Agar peluang usaha rental mobil anda tetap bertahan, terapkan sistem sewa-menyewa yang profesional dan tercatat. Pastikan anda meminta tanda pengenal atau bahkan jaminan dari penyewa. Bila memungkinkan, gunakan peralatan untuk mendeteksi keberadaan mobil anda tanpa mengganggu privasi penyewa. Semoga bermanfaat.

Info Bisnis:

cara memulai bisnis rental mobil - peluang dan sasaran rental mobil - sasaran rental mobil - usaha rental mobil -
Content Protection by DMCA.com