Peluang Usaha Sampingan untuk Mahasiswa Kreatif – Bagian 2

Alangkah meruginya anda jika masa perkualiahan hanya dihabiskan dengan pergi ke kampus, pulang, mengerjakan tugas, dan wisuda. Masa kuliah adalah waktu untuk anda ‘melirik’ apa yang akan anda lakukan setelah lulus nanti. Nah, mengapa tidak memulai dengan mencari peluang usaha sampingan? Anda bisa melakukan sesuatu dan mendapatkan uang tambahan tanpa harus mengorbankan perkualiahan anda. Penasaran?

Peluang usaha sampingan untuk mahasiswa - Fotolia

Peluang usaha sampingan untuk mahasiswa – Fotolia

Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa: Online Consultant

Pada pembahasan sebelumnya tentang peluang usaha untuk mahasiswa, di antara berbagai pilihan yang ada antara lain menjual e-book, menerima servis laptop atau komputer, serta memanfaatkan bakat fotografi. Sebenarnya, masih ada begitu banyak pilihan peluang usaha sampingan yang menjanjikan lainnya, baik untuk anda tekuni selama perkualiahan maupun setelah lulus dan bekerja lagi.

Mahasiswa identik dengan kreativitas, kecerdasan, dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi terbaru. Nah, jika anda melek teknologi internet dan anda memiliki kemampuan komunikasi dan persuasi yang baik, peluang emas untuk anda adalah menjadi online consultant di berbagai bidang. Keuntungan dari bisnis seperti ini adalah anda tidak harus pergi kemana-mana, cukup pegang laptop dan handphone, maka uang akan mengalir ke rekening anda.

Selain merupakan peluang usaha sampingan mahasiswa yang tidak membutuhkan modal besar, keuntungan lain menjadi seorang online consultant dan online assisstant adalah anda bisa meningkatkan kemampuan anda dalam berkomunikasi dan bernegosiasi. Skill seperti ini akan sangat anda butuhkan setelah tamat nanti. Percaya deh.

Pilihan Peluang Usaha Sampingan Online untuk Mahasiswa

Lalu, apa saja yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Online Retail Consultant

Toko online lokal, seperti Tokopedia, Blibli, atau Lazada, maupun global seperti Aliexpress, Ebay dan Etsy semakin marak, bukan? Membuka toko online merupakan peluang usaha sampingan untuk guru, karyawan, maupun mahasiswa. Namun kali ini, anda tidak membuka toko online, melainkan membantu pemilik toko online untuk mengembangkan bisnis online mereka.

Caranya: anda bekerja sama dengan pemilik toko online, dan melakukan hal-hal berikut:

  • Memberikan masukan tentang tampilan toko online mereka
  • Merekomendasikan tampilan produk yang paling menarik
  • Menulis deskripsi produk yang informatif sekaligus menjual, dan
  • Membantu pemilik toko online menggunakan media sosial sebagai sarana promos online

Dengan kata lain, anda membantu mereka meningkatkan penjualan. Jika anda berhasil, ini bisa menjadi peluang usaha sampingan karyawan jika anda sudah tamat dan bekerja nantinya.

Virtual Assistant

Seperti namanya, anda menjadi asisten berbasis dunia maya. Yang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis ini adalah laptop dan website yang baik dan teroptimasi, sebagai media promosi dan media operasional. Usaha sampingan ini akan meningkatkan pengetahuan anda di bidang tugas administrasi dan perkantoran. Bedanya, anda melakukannya dari jarak jauh (dari rumah).

Lalu apa yang anda lakukan? Anda melakukan apapun yang tidak bisa/tidak sempat dilakukan seorang pemilik usaha atau manajer, seperti:

  • Membuka dan membalas email
  • Berkomunikasi dengan konsumen
  • Mengirimkan kwitansi ke konsumen
  • Membayar tagihan, serta tugas-tugas administrasi lainnya

Pada tahap awal, usaha sebagai online consultant dan assistant semacam ini mungkin anda jalani sebagai pekerjaan part time. Namun, peluang pengembangannya cukup potensial. Kelak, jika usaha anda semakin berkembang, anda bisa menerima order lebih banyak dan merekrut orang untuk melaksanakan tugas tersebut.

Masih butuh referensi lain? Masih banyak peluang usaha sampingan lainnya yang akan diulas untuk anda mahasiswa kreatif yang ingin mengembangkan diri sejak dini. Keep reading!

Content Protection by DMCA.com