Peluang Usaha Syariah: Alternatif untuk Bisnis Online

Usaha syariah masih menjadi salah satu pilihan bisnis atau investasi populer di Indonesia, dan peluang usaha syariah semakin mendapat tempat di lingkungan peminat bisnis atau investasi modern. Peluang investasi mulai dari yang disediakan bank, lembaga keuangan hingga pemilik bisnis investasi mandiri bertebaran dan menawarkan berbagai keuntungan serta kemudahan. Salah satu penyebab maraknya peluang usaha investasi syariah tentunya karena tidak ada sistem riba atau bunga, dan mengandalkan konsep keuntungan seperti bagi hasil.

Peluang usaha syariah - Fotolia

Peluang usaha syariah – Fotolia

Saat ini, peluang untuk membangun usaha atau berinvestasi dengan dasar syariah dapat diperoleh baik lewat lembaga keuangan maupun usaha perorangan serta berbagai kesempatan investasi di luar institusi perbankan. Jenis usaha atau investasi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari bisnis afiliasi, reselling, investasi online, hingga layanan pendukung usaha atau wiraswasta dari berbagai bank syariah (atau bank konvensional yang berbasis syariah).

Peluang Usaha Bisnis Syariah dari Bank Konvensional

Menanggapi semakin banyaknya peminat usaha atau pinjaman bisnis berbasis syariah, bank-bank konvensional pun semakin banyak menawarkan layanan berbasis syariah, bahkan menciptakan cabang usaha yang khusus melayani pelanggan yang hanya ingin bertransaksi dengan sistem syariah. Bank-bank konvensional yang memiliki cabang syariah ini antara lain Mandiri, BNI, BTN, Danamon, BRI, dan Bank Permata.

Salah satu yang paling umum adalah pinjaman peluang usaha berbasis syariah, di mana pinjaman ini dikembalikan sesuai dengan prinsip bagi hasil, misalnya seperti Kredit Modal Kerja syariah alias Musyarakah dari Bank Mandiri Syariah. Ada juga Kredit Usaha Rakyat yang ditujukan bagi pemilik UKM yang masih berkembang dan membutuhkan modal usaha, atau pembiayaan warung mikro yang ditujukan untuk perorangan dan badan usaha yang membutuhkan pinjaman bermodal kecil untuk memulai usaha sederhana.

Ada juga pembiayaan untuk wirausahawan seperti paket BNI Syariah Wirausaha yang menyediakan pinjaman hingga 1 milyar Rupiah, atau pembiayaan investasi dari BTN Syariah yang menyediakan pinjaman bagi pemilik usaha seperti perusahaan untuk membiayai pengadaan bahan bangunan usaha, peralatan, modal, dan sebagainya.

Peluang Usaha Syariah Online untuk Investasi Pribadi

Selain badan perbankan, peluang usaha syariah online juga mulai bermunculan, layaknya usaha online populer seperti bisnis afiliasi. Salah satunya adalah usaha syariah PT Verita Sentosa International yang dikelola oleh Yusuf Mansyur. Usaha ini sepintas hampir mirip dengan bisnis online berbasis pembagian keuntungan pada umumnya, tetapi yang dijual adalah sistem transaksi online berbasis komunitas yang disebut PayTren, yang terdiri dari beragam jaringan kemitraan.

Usaha marketing syariah lainnya kerap muncul dalam bentuk bisnis afiliasi atau reselling dengan produk seperti obat herbal, pakaian Muslim, buku-buku dan permainan edukasi anak, dan sebagainya. Banyak peluang usaha bisnis syariah ini juga menggunakan sistem dropship, sehingga kita tidak perlu menumpuk stok di rumah, terutama jika mulai dengan modal kecil. Akan tetapi, usaha syariah juga kerap dijadikan sarana penipuan bagi individu yang tidak bertanggungjawab, sehingga Anda tetap harus waspada saat hendak menemukan bentuk investasi atau bisnis berbasis syariah.

Pada akhirnya, keputusan memilih bisnis, layanan keuangan atau investasi syariah tidak berbeda dengan bisnis dan investasi konvensional. Anda tetap harus waspada dan menemukan produk yang bereputasi baik, karena masih banyak orang yang asal memilih bentuk bisnis atau investasi hanya berdasarkan embel-embel syariah. Peluang usaha syariah tetap harus diseleksi dengan baik sebelum Anda memilih yang paling tepat.

Info Bisnis:

bisnis syariah berbasis online - peluang usaha syariah - peluang usaha berbasis syariah - bisnis syariah online - bisnis affiliasi syariah - PELUANG-PELUANG YANG DISEDIAKAN BISNIS SYARIAH - peluang investasi syariah - peluang bisnis syariah - peluang bisnis online sesuai syariah - peluang peluang yang disediakan bisnis syariah - peluang pembiayaan bank syariah - peluang usaha bagi hasil sesuai syariah - peluang usaha perusahaan dalam bisnis syariah - peluang usaha yang disediakan bisnis syariah - peluang usaha yg disefiakan bisnis syariah - peluang yanv disediakan bisnis syariah - mulai bermunculan usaha berbasis syariah - macam bisnis usaha syariah - lowongan bisnis online syariah - bank syariah buat bisnis online - bank syariah untuk bisnis online - bank syariah untuk online bisnis - bantuan modal usaha kecil berbasis syariah - bisnis afiliasi syariah - Bisnis berbasis investasi - bisnis online syariah - bisnis syariah - bisnis syariah modal kecil - investasi online syariah - investasi syariah online - jenis usaha yang berbasis syariah - bahan bisnis syariah -
Content Protection by DMCA.com