Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kreatif – Bagian 10

Buku bekas perkuliahan bisa menjadi salah satu usaha untuk mahasiswa yang lebih menguntungkan daripada harus menjualnya ke tukang loak dan hanya mendapatkan sedikit uang dari hasil penjualan. Peluang teesebut bisa dimanfaatkan lebih baik untuk bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dan bisa menjadi sebuah bisnis yang bisa ditekuni terus menerus. Bisnis buku bekas perkuliahan memang merupakan usaha yang cocok untuk mahasiswa yang sudah mendekati akhir kuliah dan tidak memerlukan lagi buku tersebut.

Jual beli buku bekas sebagai usaha untuk mahasiswa (Fotolia)

Jual beli buku bekas sebagai usaha untuk mahasiswa (Fotolia)

Jual-Beli Buku Bekas: Usaha Untuk Mahasiswa dengan

Berikut adalah beberapa tahap yang bisa anda lakukan untuk memulai usaha jual-beli buku teks perkualiahan bekas:

Mempersiapkan buku perkuliahan yang tidak terpakai

Untuk memulai bisnis tersebut, pastinya Anda perlu mempersiapkan buku kuliah yang sudah tidak terpakai. Apabila masih digunakan sebaiknya jangan dijual terlebih dahulu. Anda juga bisa meminta rekan atau teman Anda yang sudah tidak memerlukan buku tersebut untuk memberikannya pada Anda secara gratis. Walaupun teman yang ingin menyumbangkan bukunya pada Anda tidak berasal dari fakultas yang sama, Anda tetap bisa menerima buku itu karena semakin banyak jenis buku, maka akan semakin banyak pula calon pelanggan.

Cek kondisi buku

Sebelum benar-benar menjual buku tersebut sebagai usaha kecil kecilan untuk mahasiswa pada mahasiswa baru yang membutuhkan, sebaiknya lakukan tahapan berikut:

  • Cek terlebih dahulu kondisi dari buku tersebut apakah masih baik atau tidak.
  • Lihatlah tiap halaman apakah terdapat coretan atau tidak.
  • Jika coretan masih menggunakan pensil, maka Anda bisa menghapusnya.
  • Pastikan tidak ada halaman yang kotor dan juga robek karena bisa menurunkan kualitas penjualan.
  • Apabila Anda memiliki sampul plastik bekas atau sudah tidak terpakai, gunakan itu untuk menyampul buku sehingga bisa terlihat lebih baik.
Tentukan target pasar

Sebagai sebuah usaha sampingan untuk mahasiswa, tetap saja Anda membutuhkan target konsumen penjualan Anda. Menentukan target yang tepat bisa mendatangkan keuntungan dan juga penghasilan lebih. Biasanya target pasar dari penjualan buku bekas perkuliahan adalah mahasiswa baru, mahasiswa yang berada di tingkat awal, dan juga mahasiswa yang kurang mampu untuk membeli buku baru.

Biasanya mahasiswa suatu fakultas akan mencari buku bekas seniornya untuk dijadikan sebagai referensi dan juga buku pedoman dalam pembelajaran. Mahasiswa dari kampus lain juga bisa menjadi target konsumen apabila memang memiliki buku paket yang sama.

Strategi promosi

Peluang usaha untuk mahasiswa dengan menjual buku bekas perkuliahan sudah semakin meningkat mengingat apabila menjualnya melalui tukang loak atau toko buku bekas, hasil yang mereka dapat tidak sebanyak ketika dijual sendiri. Oleh karena semakin diminati, maka akan muncul banyak pesaing-pesaing baru yang melakukan hal sama sehingga teknik promosi harus jelas.

Sebagai langkah awal, promosikan hal tersebut melalui teman-teman, adik kelas, atau junior-junior lain di area kampus tentang keberadaaan bisnis Anda. Hampir setiap mahasiswa memiliki media sosial sehingga manfaatkanlah media itu sebagai wadah promosi yang memiliki jumlah pengikut banyak sehingga teman-teman Anda bisa melihat promosi yang Anda lakukan.

Lokasi usaha

Anda tidak perlu menyewa tempat, ruko ataupun berjualan di pinggir jalan untuk bisa mendapatkan pelanggan.

  • Lakukanlah penjualan secara online
  • Bawalah beberapa buku di area kampus dan bukalah lapak sederhana di sekitar kantin atau tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian bagi mahasiswa.
  • Tempel pengumuman di majalah dinding kampus
  • Pasang iklan di majalah atau newsletter milik kampus
  • Jadikanlah rumah atau kos-kosan Anda sebagai sebuah tempat untuk menyimpan berbagai macam buku bekas tersebut
  • Buka lapak di depan rumah atau kos-kosan.

Semoga berbagai macam tips untuk membuka usaha untuk mahasiswa melalui buku bekas perkuliahan bisa menjadi ladang penghasilan untuk Anda.

Info Bisnis:

usaha buku bekas - usaha dengan target pasar maba - usaha dengan target pasar mahasiswa -
Content Protection by DMCA.com