Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Kreatif – Bagian 4

Usaha berbasis online tentunya merupakan pilihan yang menarik bagi mahasiswa, karena bisa dijalankan dari rumah maupun kampus serta waktu kerja yang fleksibel. Namun, masih ada beberapa alternatif peluang usaha untuk mahasiswa berbasis offline. Meski dilakukan secara langsung, bukan berarti waktu anda akan tersita habis untuk pekerjaan. Anda masih bisa ke kampus dan menyelesaikan tugas kuliah seperti biasa. Apa saja yang bisa anda lakukan?

Peluang usaha offline untuk mahasiswa - Fotolia

Peluang usaha offline untuk mahasiswa – Fotolia

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa secara Offline

Jika anda lebih suka melakukan pekerjaan secara offline, bertemu dan berbicara langsung client atau konsumen, maka beberapa peluang usaha sampingan mahasiswa berikut bisa anda coba:

Asisten Lansia

Di masyarakat modern, banyak lansia yang harus tetap berada di rumah tanpa pengawasan yang memadai. Ketika pencari nafkah keluarga harus keluar rumah untuk bekerja atau berusaha, maka lansia harus tetap tinggal di rumah. Selama ini, anda mungkin selalu beranggapan bahwa orang yang menjaga lansia di rumah hanyalah perawat. Tidak selamanya demikian!

Perawat hanya dibutuhkan untuk lansia yang memiliki masalah kesehatan. Nah, jika anda berjiwa pengasih dan sabar, maka anda bisa mencoba menjadi asisten lansia untuk membantunya dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, apa yang anda lakukan? Banyak hal, mulai dari membayar tagihan, berbelanja, mengantarnya ke dokter untuk pemeriksaan rutin, atau sekedar berjalan-jalan di taman.

Peluang usaha bagi mahasiswa ini cocok untuk anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Biasanya, penghasilan anda dihitung secara mingguan atau bulanan, sesuai kesepakatan dengan pemberi pekerjaan.

Konsultan Asuransi Kesehatan

Menjadi konsultan asuransi kesehatan dapat menjadi contoh peluang usaha untuk mahasiswa, karena pekerjaan ini umumnya dilakukan secara freelance atau part-time. Tugas utama anda adalah mendapatkan nasabah untuk asuransi kesehatan. Biasanya, penghasilan anda dihitung berdasarkan komisi atas deal yang anda menangkan. Tanggung jawab anda adalah:

  • Mendampingi keluarga atau klien untuk memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki
  • Mencari produk asuransi kesehatan sebanyak mungkin dan membandingkan cakupan serta preminya
  • Merekomendasikan asuransi kesehatan yang paling sesuai
  • Membantu mengisi formulir dan mengaju permohonan asuransi
  • Membantu klien melengkapi persyaratan untuk pengajuan asuransi
  • Membantu klien mengajukan klaim (saat dibutuhkan).
Contoh peluang usaha untuk mahasiswa - konsultan asuransi kesehatan (Fotolia)

Contoh peluang usaha untuk mahasiswa – konsultan asuransi kesehatan (Fotolia)

Cost Cutter

Tahukah anda bahwa banyak keluarga yang ‘menjerit’ karena tagihan bulanan yang melonjak intuk listrik, air, maupun telepon. Adakalanya tagihan bulan tertentu naik begitu signifikan padahal penggunaan listrik atau air biasa-biasa saja. Anda pernah mengalaminya, bukan? Nah, banyak orang di luar sana juga mengalami hal yang sama. Hanya saja, mereka terkadang tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke perusahaan penyedia listrik dan air untuk mengetahui faktanya.

Nah, ini adalah salah satu peluang usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa. Modal yang harus anda keluarkan hanya biaya transportasi. Selanjutnya, anda hanya tidak menggunakan kemampuan komunikasi untuk bernegosisasi dengan perusahaan listrik dan air untuk mendapatkan penghematan. Nah, anda bisa mendapatkan komisi dari pekerjaan ini.

Jasa Pengetikan dan Printing Tugas

Untuk Anda yang gemar menulis, , Anda bisa membuka usaha jasa pengetikan dan printing tugas. Apalagi jika Anda tinggal di dekat sekolah atau kampus, Anda bisa memanfaatkan kestrategisan lokasi itu untuk bisnis Anda. Modal awal anda tidak banyak, hanya komputer, printer, kertas, dan tinta.

Sebenarnya, masih banyak peluang usaha lain yang terbuka untuk anda sebagai mahasiswa. Selain peluang usaha untuk mahasiswa berbasis online yang dibahas sebelumnya dan peluang usaha offline di atas, masih ada beberapa profesi lain yang cukup lazim ditekuni mahasiswa, seperti menjadi tutor, guru les privat, hingga pelatih aplikasi dan software.

Info Bisnis:

bisnisan mahasiswa buat kebutuhan lansia - contoh peluang usaha karena kesehatan -
Content Protection by DMCA.com