Peluang Usaha untuk Mahasiswa Kreatif – Bagian I

Menjadi seorang mahasiswa itu artinya siap untuk mempelajari hal-hal yang bahkan tak terpikirkan sebelumnya. Oleh karena kata “Maha” di depan kata “Siswa” itu menunjukkan derajat yang tinggi bagi seorang pembelajar, maka sangat disayangkan jika waktu sebagai mahasiswa hanya dibumbui oleh kegiatan-kegiatan yang monoton. Bagi Anda mahasiswa yang ingin mencoba hal baru, peluang usaha untuk mahasiswa sangat terbuka lebar dan Anda disarankan untuk turut menjajalnya.

Peluang usaha bagi mahasiswa - Fotolia

Peluang usaha bagi mahasiswa – Fotolia

Selain menguntungkan dari segi memanfaatkan waktu luang, Anda pastinya juga akan mendapatkan keuntungan finansial. Tentunya Anda ingin meringankan beban orangtua dalam hal keuangan, bukan? Bukan hanya itu, anda bisa mengembangkan potensi diri sejak dini.

Mengambil Kesempatan dari Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Anda harus bersyukur jika diberi kesempatan untuk menjadi seorang mahasiswa. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama dengan Anda. Salah satu cara mensyukurinya ialah memanfaatkan waktu sebaik mungkin ketika dalam masalah kuliah. Carilah teman, ilmu, dan pengalaman sebanyak-banyaknya. Satu di antara pengalaman yang sebaiknya Anda cari adalah pengalaman berbisnis. Betapa peluang usaha sampingan mahasiswa dapat menjadi pengalaman yang luar biasa berharga.

Bayangkan, Anda belum lulus kuliah saja sudah memiliki pengalaman berwirausaha. Ketika Anda lulus nanti, kemungkinan besar Anda sudah memiliki bisnis sendiri yang sudah maju. Anda jadi tidak perlu ketakutan tidak akan mendapatkan pekerjaan. Toh, Anda sudah memiliki perusahaan sendiri, bukan? Bukankah itu hal yang membanggakan?

Contoh peluang usaha bagi mahasiswa bidang fotografi - Fotolia

Contoh peluang usaha bagi mahasiswa bidang fotografi – Fotolia

Contoh Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Anda ingin memulai usaha karena bingung usaha apa yang hendak Anda pilih? Jangan risau! Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha yang menguntungkan untuk mahasiswa.

Menjual E-book

Di era yang semakin canggih ini, buku elektronik atau e-book sangatlah digemari karena kepraktisannya. Tak perlu menenteng tas yang berat untuk membawa buku konvensional, dengan hanya membawa sebuah handphone pun Anda bisa membaca ribuan buku. Sebaiknya Anda melihat fenomena ini sebagai peluang bisnis. Anda bisa menjual e-book dengan berbagai macam format kepada teman-teman Anda. Lebih baik lagi jika usaha Anda ini dipasarkan secara online dan e-book yang Anda jual adalah hasil karya Anda sendiri.

Jasa Servis Laptop

Jika Anda memiliki kemampuan teknis seperti menyervis laptop dan sejenisnya, ini akan menjadi peluang usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa. Dengan hanya bermodal obeng, tang, dan alat-alat lain yang menunjang kegiatan servis, Anda bisa mendapatkan cukup banyak uang tergantung tarif yang Anda tentukan. Namun peluang usaha ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki skill di bidang IT.

Contoh peluang usaha bagi mahasiswa - servis komputer (Fotolia)

Contoh peluang usaha bagi mahasiswa – servis komputer (Fotolia)

Fotografer dan Videografer

Pada setiap kesempatan, tentunya setiap orang ingin mengabadikan momen terbaiknya. Cara untuk mengabadikan momen adalah dengan memotret atau membuat video. Anda yang punya hobi untuk mengabadikan momen dengan foto atau video bisa membuka jasa fotografi dan videografi. Tidak hanya dari 0, Anda juga bisa membuka pelayanan editing foto dan video. Yang perlu Anda perlukan untuk mengeksekusi peluang usaha bagi mahasiswa yang satu ini hanyalah kamera yang sudah Anda miliki, serta aplikasi-aplikasi editing yang Anda pasang di laptop Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan. Terkait dengan peluang usaha untuk mahasiswa di atas, tentunya Anda harus memilih yang waktunya bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah Anda. Jangan sampai kegiatan berbisnis malah merusak nilai akademis Anda di kampus. Belajarlah mengatur waktu dengan baik agar porsi antara kuliah dan berbisnis dapat menjadi seimbang.

Content Protection by DMCA.com