Pengertian Hukum Bisnis dan Hukum Bisnis Yang Berlaku

Dalam melakukan bisnis, seseorang atau sebuah perusahaan hendaknya tidak hanya memahami mengenai produk yang dijual, atau hanya menghitung untung rugi semata. Nahun ada hal-hal lain yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis. Salah satu dari aspek-aspek tersebut adalah mengenai pengertian hukum bisnis. Hal ini dirasa perlu karena dalam berbisnis, ada dasar dan pakem yang harus dipenuhi oleh pihak-pihak yang menjalankannya. Lalu sebenarnya apa hukum bisnis itu? Aspek apa yang terkandung di dalamnya dan apa kata para ahli mengenai hukum bisnis?

Pengertian hukum bisnis - Fotolia

Pengertian hukum bisnis – Fotolia

Pengertian Hukum Bisnis

Pengertian hukum bisnis menurut para ahli sangat beragam. Namun pada dasarnya definisinya hampir sama yakni dibuat agar para pelaku usaha bisnis dapat memiliki rambu-rambu yang jelas dalam menjalankan bisnis. Seperti definisi yang disampaikan oleh Dr. Johanes Ibrahim yang menyampaikan bahwa : “Hukum bisnis merupakan serangkaian kaidah yang menciptarakan aturan guna mengatur sekaligus juga menyelesaikan berbagai persoalan dalam kehidupan, terutama untuk aktivitas perdangan yang tentu saja tak bisa terlepas dari konflik”.

Merunut dari definisi ini, maka bisnis bisa dikatakan tak hanya melulu bagaimana untung rugi namun juga bagaimana menangani masalah konflik. Seperti juga pada hukum bisnis, pengertian aspek hukum dalam bisnis juga terdapat berbagai definisi dari para ahli. Namun bila boleh dirangkum, aspek-aspek tersebut meliputi :

  • Undang-Undang: Undang-undang atau statutute merupakan peraturan yang di buat oleh negara. Sehingga memiliki landasan hukum yang kuat dan mengikat. Biasanya sebagai landasan bagi kesepakatan kontrak-kontrak, pendirian usaha dan semacamanya.
  • Kebiasan: Kebiasaan yang dalam hukum juga di sebut sebagai costum, merupakan hasil dari tindakan dari perilaku manusia yang dilakukan secara berkesinambungan dan berulang-ulang, yang dapat diterima masyarakata. Bila menyimpang dari sebuah kebiasan yang sudah diterima tersebut maka bisa disebut sebagai pelanggaran hukum.
  • Keputusan, atau yurisprudensi ini wewenang sepenuhnya oleh hakim.
  • Traktat; atau treaty merupakan pengikatan dari orang-orang yang berkeptingan dalam bisnis.
  • Pendapat ahli hukum: Hal ini sering dihadirkan untuk memberikan pemikiran sebagai penyelesaian sebuah kasus hukum.

Hukum-Hukum Bisnis Yang Berlaku

Pengertian mengenai hukum-hukum bisnis bisa juga berbeda karena basis hukum yang dianut. Terutama untuk negara Indonesia yang tampaknya sangat terbuka oleh pandangan dan masukan-masukan mengenai berbagai macam jenis hukum. Salah satunya dengan berkembangnya sistem hukum berbasis syariah, yang sejak dekade silam seakan “memaksa” untuk eksis ditengah hukum bisnis yang berlaku. Berikut perbedaannyanya :

Hukum Bisnis Internatinal

Pengertian hukum bisnis internasional dititikberatkan pada bahwa segala usaha bisnis perdagangan yang dilakukan oleh banyajk pihak mengacu pada subyek hukum yang berlaku secara international. Hal ini dibuat agar perdagangan international memiliki payung hukum yang jelas dan sama. Terutama untuk perusahaan-perusahaan multinasional yang berpeluang bekerja sama.

Hukum Bisnis Syariah

Dalam pengertian hukum bisnis syariah, ditekankan bahwa segala macam usaha yang dilakukan harus mengacu pada akidah dalam Islam, yakni perintah, larangan dan semua yang dibenarkan dalam Islam. Salah satu bentuk bisnisnya adalah tidak adanya riba dalam melakukan usaha bisnis.

Berbagai  pengertian hukum bisnis memang bisa didapatkan dari berbagai ahli hukum, namun yang pasti dan dapat ditarik garis merahnya adalah, bahwa hukum tersebut dibuat agar memudahkan para pelaku bisnis untuk menjalankan usaha kerjasamanya, sehingga pengikatan yang pakem dalam aturan bisnis dapat menjadi pedoman para pelaku bisnis. Demikian ulasan mengenai hukum bisnis ini. Semoga bermanfaat bagi anda.

Info Bisnis:

dasar pemikiran hukum bisnis menurut para ahli - pengertian hukum bisnis menurut para ahli - pendapat ahli mengenai hukum bisnis - pendapat tentang hukum bisnis - pengertian hukum bisnis 2016 - hukum bisnis yang berlaku - Pengertian hukum dan hukum bisnis dalam hukum bisnis 2016 - pengertian hukum pada bisnis 2016 - Pengertian hukum sebagai peluang bisnis - sistem hukum bisnis islam -
Content Protection by DMCA.com