Pengertian Peluang Usaha: Dasar Bagi Calon Entrepreneur

Anda yang sedang atau ingin bergelut dalam bidang bisnis atau wirausaha pasti sering mendengar istilah “peluang usaha”. Hal itu dikarenakan peluang usaha merupakan langkah awal dalam memulai bisnis. Oleh karena itu, penting bagi Anda yang bergelut di bidang bisnis atau wirausaha untuk mengetahui definisi peluang usaha. Dengan mengetahui secara jelas pengertian peluang usaha, Anda diharapkan dapat mempraktekkan usaha Anda dengan baik. Maka keuntungan yang luar biasa dari bisnis Anda akan segera Anda nikmati kelak.

Pengertian peluang usaha - Fotolia

Pengertian peluang usaha – Fotolia

Pengertian Peluang Usaha dalam Kewirausahaan  dan Kriterianya

“Peluang” secara bahasa diartikan sebagai kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Sedangkan  “usaha” menurut KBBI artinya adalah kesempatan yang dimanfaatkan seseorang untuk mendapatkan keinginannya dengan memanfaatkan berbagai faktor. Maka bisa didefinisikan bahwa dalam kewirausahaan, peluang usaha adalah ide atau inspirasi yang didapatkan dengan berbagai cara untuk membuka usaha yang potensial demi meraih keuntungan.

Pengertian peluang usaha menurut para ahli sebetulnya tidak terlalu jauh berbeda dari pengertiannya secara bahasa. Hanya saja para ahli menambahkan tips dan kriteria bagaimana sebuah bisnis dapat dikatakan potensial untuk menjadi sukses. Beberapa kriteria usaha yang potensial, yaitu:

  • Adanya nilai jual yang tinggi
  • Usaha itu bersifat nyata, bukan hanya ambisi semata
  • Waktu bertahannya lama di pasar
  • Tidak menghabiskan modal uang
  • Tidak bersifat musiman
  • Skalanya bisa ditingkatkan menjadi industri

Jika usaha Anda memiliki semua kriteria di atas, maka usaha Anda berpeluang untuk menjadi sukses. Namun ada satu hal lagi yang menjadi sangat penting bahkan lebih penting dari berbagai faktor eksternal yang ada, yaitu keyakinan dan percaya diri. Menurut seorang tokoh bisnis tersohor, D. J. Schwarts, agar peluang usaha kita maksimal, kita harus yakin dan percaya pada diri sendiri. Jika Anda mengaku pengusaha tapi Anda masih memiliki sifat pesimis, sebaiknya Anda peru instropeksi diri.

Pengertian peluang usaha dan contoh pemetaannya - Fotolia

Pengertian peluang usaha dan contoh pemetaannya – Fotolia

Pengertian Pemetaan Peluang Usaha dan Pilihannya

Pemetaan peluang usaha dapat diartikan sebagai upaya mengidentifikasi dan menilai peluang usaha agar dapat dimanfaatkan dan potensial. Pemetaan peluang usaha mempertimbangkan berbagai macam faktor berikut:

  • Kondisi pasar dan industri
  • Lamanya masa peluang produk
  • Tujuan pengusaha dan kemampuannya
  • Manajemen tim
  • Faktor produksi, seperti modal, teknologi, dan lain sebagainya
  • Kondisi lingkungan sekitar
  • Studi kelayakan dan rencana usaha

Dalam pemetaan peluang usaha, semua faktor di atas harus diuji dan dievaluasi apakah ada unsur di dalamnya yang menyebabkan usaha menjadi kurang potensial atau semuanya sudah baik dan rapi.

Contoh motivasi untuk berusaha - Fotolia

Contoh motivasi untuk berusaha – Fotolia

Anda dapat melakukan pemetaan peluang usaha dengan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Misalnya dengan contoh peluang usaha konveksi Anda, Anda ingin memetakannya. Anda bisa merumuskannya seperti ini:

  • Strength: kelebihan apa yang terdapat pada usaha konveksi Anda sehingga usaha Anda potensial.
  • Weakness: kelemahan apa yang menghambat usaha konveksi Anda.
  • Opportunity: kemungkinan apa saja yang dapat menguntungkan usaha konveksi Anda.
  • Threat: ancaman apa yang mungkin terjadi saat Anda mengembangkan usaha konveksi Anda.

Itulah pengertian peluang usaha dan contohnya. Sebagai pengusaha yang baik, diharapkan Anda memahami dengan betul tentang peluang usaha dan pemetaannya agar usaha Anda lebih potensial untuk maju. Jika Anda tidak melakukan pemetaan, bisa jadi bisnis Anda tidak akan sepotensial semestinya. Anda juga harus memahami tentang pengertian peluang usaha dengan baik. Karena hal mendasar itulah yang akan mengawali langkah Anda dalam usaha yang Anda bangun.

Info Bisnis:

pengertian pemetaan peluang usaha - pemetaan peluang usaha - pengertian pemetaan usaha - pengertian memetakan peluang usaha - definisi pemetaan peluang usaha - Apakah definisi dari pemetaan peluang usaha - pemetaan usaha - contoh pemetaan peluang usaha - Tujuan pemetaan peluang usaha - sebutkan pengertian pemetaan peluang usaha - pemetaan peluang usaha adalah - memetakan peluang usaha - makalah memetakan peluang usaha - jelaskan pemetaan peluang usaha - memetaan peluang usaha dan pemanfaatan peluang usaha - contoh pemetaan usaha - materi memetakan peluang usaha - contoh memetakan peluang usaha - pemetaan usaha adalah - cara memetakan peluang usaha - apa yang dimaksud dengan memetakan peluang usaha - jenis jenis pemetaan usaha - pengertian pemetaan peluang usaha dan contohnya - pengertian peluang usaha dan pemetaan peluang usaha - arti memetakan peluang usaha - jelaskan tentang masa pemetaan usaha - pengertian memetakan peluang isaha - apa pengertian pemetaan peluang usaha - jelaskan yang dimaksud dengan pemetaan usaha - pengertian pemetaan dan pemanfaatan peluang usaha - jelaskan yang dimaksud dengan pemetaan peluang usaha - pemetaan pelung usaha - apa pengertian dari pemetaan peluang usaha - sebutkan pemetaan dalam peluang usaha - pemetaan usaha pengertian dan macam macamnya - Peluang usaha yang di harapkan dan contohnya - pngertian pluang usaha - Materi pemetaan peluang usaha - Jelaskan pengertian pemetaan peluang usaha - Apa itu pemetaan usaha - jelaskan pemetaan peluang usaga - arti mapping dalam wirausaha - Pengertian pemetaan - yang di maksud pemetaan usaha - penetaan peluang usaha - pengeritian pemetaan peluang usaha - pengertiaan peluang usaha dan perencanaan usaha - peluang dapat diartkan sebagai - pemetaan dalam kewirausahaan - penertian peluang produksi -
Content Protection by DMCA.com