Pengertian Walaralaba Secara Umum dan Menurut Ahli

Pasti Anda sering mendengar tentang bisnis waralaba atau yang sering disebut dengan franchise. Bisnis tersebut memang dinilai sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang menjalankannya karena memiliki resiko yang minim. Sebelum Anda mengikuti usaha yang sama, ada baiknya untuk memahami dan mengerti dengan benar tentang pengertian waralaba serta prinsip-prinsipnya sehingga Anda bisa meminimalisir resiko di masa depan.

Pengertian Walaralaba - Fotolia

Pengertian Walaralaba – Fotolia

Pengertian Waralaba Secara Umum

Pengertian bisnis waralaba merupakan sebuah hubungan bisnis yang terjalin antara pemilik usaha, produk, maupun sistem operasional dengan pihak kedua yang merupakan pemilik modal berupa pemberian ijin dari pemakaian merk dan produk dalam jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya dan sudah disepakati. Pemilik usaha atau franchisor merupakan seseorang atau badan usaha yang memiliki konsep, merk dan produk yang dikuasainya, dikembangkan, dan diberikan pada pihak kedua melalui sebuah kontrak perjanjian. Bisa dikatakan kalau franchisor merupakan seorang produsen.

Sementara franchisee atau pihak kedua merupakan seseorang atau badan usaha yang mendapatkan hak untuk memproduksi dan menduplikat sebuah konsep yang dimiliki oleh pemilk usaha dimana pihak kedua terikat dengan kontrak perjanjian yang sudah disepakati sebelumnya. Disini pihak kedua harus memiliki komitmen, menghormati setiap konsep, spesifikasi dan juga aturan yang sudah ditetapkan oleh pemilik usaha.

Pengertian waralaba dan contohnya adalah bentuk kerjasama bisnis dengan memakai prinsip kemitraan dimana sebuah perusahaan yang sudah mapan baik dari segi manajemen, keuangan, maupun marketingnya dan diduplikasi oleh pihak kedua melalui kontrak dan aturan tertentu. Contoh-contoh dari bisnis waralaba diantaranya bisnis makanan cepat saji, bisnis minuman bubble drink, bisnis restoran dan sebagainya.

5 Pengertian Waralaba Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, pengertian waralaba menurut para ahli juga berbeda-beda. Pakar dari bisnis waralaba memiliki definisi yang beragam melihat perkembangan waralaba yang semakin meningkat sampai saat ini. Berikut ini definisi waralaba dari para ahli:

  • Winarto: Menurut beliau waralaba adalah sebuah hubungan kemitraan dengan usaha yang sangat kuat dan sukses dengan usahawan yang masih tergolong baru dalam usaha tersebut dengan tujuan untuk saling menguntungkan baik dalam penyediaan produk dan jasa yang diperuntukkan bagi konsumen.
  • Reitzel, Lyden, Roberts, dan Severance: Waralaba merupakan sebuah kontrak atau perjanjian atas barang yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha seperti merk yang diberikan kepada orang lain untuk bisa menggunakan merk tersebut pada usaha yang dimilikinya sesuai dengan persetujuan yang telah disepakati.
  • Queen: Pengertian waralaba merupakan pemberian sebuah lisensi dari seorang pemegang usaha kepada seorang pembeli merk usaha untuk membuka sebuah bisnis di bawah nama dagang dari pemegang usaha berdasarkan kontrak dan perjanjian dengan pembayaran royalti.
  • Campbell Black: Definisi dari waralaba merupakan sebuah lisensi merk dari pemilik usaha yang memberikan izin pada orang lain untuk menjual produk ataupun jasa atas nama merk tersebut.
  • Kurtz: Menurut Kurtz, waralaba merupakan sebuah pengaturan kontraktual yang sudah disetujui oleh pedagang besar maupun juga para pengecer untuk memenuhi kebutuhan operasi dari sebuah pabrik produksi atau waralaba lainnya.

Sementara untuk pengertian kewirausahaan waralaba adalah sebuah ikatan antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba diberikan hak untuk menjalankan usaha dengan menggunakan hak atau kekayaan intelektual dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pemberi waralaba dengan sebuah kewajiban penyediaan dukungan.

Setelah Anda memahami tentang pengertian waralaba, diharapkan Anda sudah mamapu untuk memulai usaha tersebut dan juga memilih jenis waralaba yang sesuai dengan budget dan minat Anda.

Content Protection by DMCA.com