Perkembangan Waralaba di Indonesia dan Generasi Pebisnis Muda

Perkembangan teknologi, ekonomi dan tren bisnis saat ini telah ikut mendorong perkembangan waralaba di Indonesia secara drastis. Kini, kita melihat banyak sekali alternatif usaha waralaba, mulai dari usaha modal kecil, sedang, hingga besar. Berbagai produk dan jasa dipasarkan kepada masyarakat semua kalangan, dan bahkan ada yang merambah pasar luar negeri. Akan tetapi, ada juga kekurangan yang tak boleh diabaikan, seperti tak adanya standar pasti untuk usaha waralaba, serta belum adanya undang-undang hukum perdata yang secara resmi mengatur bisnis ini.

Perkembangan Waralaba di Indonesia (Fotolia)

Dengan semua kekurangan tersebut, akankah perkembangan waralaba di Indonesia terhambat? Untungnya, walau masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, ada berbagai aspek yang tetap membantu berbagai usaha waralaba untuk tumbuh subur di Indonesia; salah satunya adalah munculnya generasi muda yang berjiwa wiraswasta dan melek teknologi serta tren.

Perkembangan Waralaba di Indonesia dan Minat Generasi Muda

Menurut Anang Sukandar, CEO dari Asosiasi Franchise Indonesia, generasi muda Indonesia semakin banyak yang memiliki minat terhadap bisnis mandiri. Hal ini berakar dari berbagai faktor, mulai dari terbukanya kesempatan seiring perkembangan teknologi, serta kemunculan berbagai tokoh dari dalam dan luar negeri yang berhasil menginspirasi kawula muda dengan kesuksesan mereka. Semua aspek ini berkontribusi pada perkembangan waralaba di Indonesia, terutama bagi kawula muda yang melek teknologi.

Anang berpendapat bahwa usaha waralaba Indonesia, di luar berbagai kekurangannya, merupakan jenis usaha yang cukup potensial. Ada berbagai hal yang membuat semakin banyak kawula muda menunjukkan minat untuk menjalankan usaha waralaba, seperti:

Usaha tahan krisis

Dari berbagai bentuk usaha yang ada di Indonesia, usaha waralaba merupakan salah satu yang cenderung fleksibel dan tahan krisis. Terbukti dengan semakin banyaknya usaha waralaba yang justru bermunculan pasca krisis keuangan 1997-1998. Setiap tahun, kita juga bisa melihat kemunculan berbagai usaha baru, yang semakin menarik minat banyak orang untuk menjajalnya.

Bisa dimulai dengan berbagai tingkat modal

Satu hal yang membuat perkembangan waralaba di Indonesia banyak melibatkan anak muda adalah modalnya. Usaha waralaba cukup fleksibel dalam hal jumlah modalnya. Anda bisa menemukan berbagai usaha waralaba yang menawarkan paket usaha dengan berbagai rentang harga. Hal ini membuat anak-anak muda yang cenderung bermodal kecil bisa memulai bisnis.

Ada sistem pendampingan

Setiap bisnis waralaba yang baik selalu menyediakan pendampingan atau pelatihan serta petunjuk operasional bagi rekanannya. Hal ini ideal bagi anak muda, terutama yang belum punya pengalaman, karena mereka bisa belajar mengelola bisnis dari nol lewat program pelatihan dan pendampingan tersebut.

Ada dukungan teknologi

Generas muda masa kini memiliki akses ke teknologi yang bukan hanya lebih maju, namun juga lebih mudah diakses. Teknologi seperti internet, jejaring sosial, aplikasi bisnis, alat komunikasi dan sebagainya kini semakin memudahkan untuk mencoba banyak hal serta membuka bisnis sendiri.

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang berupaya membangun sarana seperti jalur pengembangan usaha waralaba Indonesia, yang bisa dijadikan semacam patokan bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Hal ini diharapkan dapat membantu generasi muda untuk semakin berminat pada bisnis mandiri, termasuk usaha waralaba.

Dunia waralaba di Indonesia masih memiliki kekurangan yang harus diperbaiki, seperti tidak adanya standar jalur perkembangan usaha dan belum adanya undang-undang perdata khusus usaha waralaba. Akan tetapi, perkembangan waralaba di Indonesia kini sudah menunjukkan hasil yang cukup memuaskan, terutama di kalangan generasi muda kreatif.

Info Bisnis:

usaha mainan yang disukai anak-anak -
Content Protection by DMCA.com