Prinsip Peluang Usaha Kerjasama dan Cara Memeliharanya

Bisnis bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang menakutkan dan jauh dari jangkauannya. Sehingga banyak orang yang sama sekali tak tertarik untuk melakukan bisnis dan memilih menjadi karyawan. Suatu hal yang menjembatani munculnya peluang usaha kerjasama adalah gap atau jurang antara pemilik modal, pemilik kreasi, dan pemasaran. Ada orang memiliki modal dan tak bisa memasarkan produknya. Ada juga yang sebaliknya, memiliki modal namun tak bisa membuat produk yang menarik apalagi memasarkannya.

Tips memelihara kerjasama usaha - Fotolia

Tips memelihara kerjasama usaha – Fotolia

Lain lagi ada yang jago memasarkan namun tak punya modal dan keahlian dalam menciptakan produk. Padahal hal itu sangat berkesinambungan. Untuk itulah peluang usaha kerjasama diperlukan, bagi yang punya modal, yang mampu membuat produk dan yang mampu memasarkan menjadi satu team dan bekerja sama makan akan tercipta peluang usaha yang mumpuni.

Prinsip Kerja dan Peluang Usaha Kerjasama

Walaupun kerjasama merupakan hal yang seakan mudah dan menyenangkan, karena sejatinya memang lebih mudah bersama daripada sendirian. Namun bukan berarti bekerja sama tak ada kekurangannya. Biasanya untuk usaha yang masih kecil akan lebih banyak friksi karena belum ada landasan yang kuat.

Lalu bagaimana membuat peluang usaha kerjasama kecil bisa langgeng? Berikut beberapa prinsip kerjasama usaha yang harus anda perhatikan:

  • Peluang usaha kerjasama bagi hasil harus dirancang dan disepakati dengan mekanisme yang jelas. Kejelasan ini adalah keharusan sekalipun usaha yang digerakkan adalah usaha mikro atau usaha kecil. Lebih baik membahas secara detail tentang pembagian hasil satu dengan lainnya di depan. Hal ini selain lebih aman,juga terlihat profesional.
  • Peluang kerja sama tanpa modal dapat dirasakan dan terjadi apabila satu dengan lain memiliki kelebihan dan tahu betul bagaimana menggunakan kelebihannya untuk perusahaan.
  • Peluang kerjasama usaha kecil ataupun besar akan didapatkan apabila satu dengan yang lainnya bersikap terbuka, jujur dan tidak saling bersekutu diantara satu dengan lain di dalam perusahaan.
  • Peluang kerjasama rumahan pun bisa menjadi konflik bila tidak diterapkan profesionalisme dalam menjalankan usaha. Salinglah berlaku profesional, menjalankan usaha dengan sungguh-sungguh, menjalankan ekonomi perusahaan dengan terbuka.
Tips menjaga kerjasama bisnis - Fotolia

Tips menjaga kerjasama bisnis – Fotolia

Tips Mengembangkan Peluang Usaha Kerjasama

Peluang usaha kerjasama bisa maju jika sekali lagi diterapkan prinsip kesederhanaan dari satu pihak dengan pihak lain. Begitu juga cara berpendapat dan tukar pikiran harus dilandari dengan niatan utama yakni bagaimana membuat usaha menjadi maju. Tak sedikit usaha kerjasama yang berakhir dengan kekacauan dan bahkan perselisihan. Beberapa hal yang harus dihindari oleh dua pihak yang terikat kerjasama adalah :

  • Hindari sikap saling mendominasi dan egois, seakan perusahaan ada karenanya seorang. Idealnya, posisi dua pihak yang bekerjasama adalah setara, tidak ada pihak yang lebih unggul dari pihak lain, karena keduanya saling membutuhkan
  • Hindari sikap curang baik dalam melaksanakan job description atau penyalahgunaan uang.
  • Hindari sikap sok pintar walaupun memang pintar, hal ini akan membuat friksi di dalam tubuh usaha.
  • Hindari melibatkan perasaan dalam usaha. Walaupun hubungan antara mitra usaha adalah suami istri, kakak beradik atau kekerabatan lainnya, bila peluang kerja sama ini ingin awet haruslah meninggalkan perasaan di rumah.
  • Hindari sikap saling menyalahkan. Yang namanya konflik itu lumrah terjadi namun bagaimana menyelesaikan persoalan adalah pilihan.

Bila ingin peluang usaha kerjasama berhasil langgeng, sebaiknya disaat pertama kali memulai kerjasama, orang-orang yang akan amda kerjasama tak terlalu banyak dan tahu apa yang merek lakukan. Demikian ulasan ini untuk anda, semoga bermanfaat

Info Bisnis:

prinsip peluang usaha - Cara bisnisme - memelihara dan menciptakan kerja sama - perinsip peluang - prinsip peluang bisnis usaha -
Content Protection by DMCA.com