Prinsip Prinsip Etika Bisnis dan Penerapannya dalam Perusahaan

Pedoman dalam menjalankan sebuah usaha tidak hanya sebuah harga untuk mendapatkan keuntungan yang naksimal. Namun penerapan prinsip-prinsip etika bisnis juga harus disesuaikan dan dijalankan dengan baik sehingga perusahaan bisa mengambil sebuah keputusan yang bisa menentukan arah dari masa depan sebuah perusahaan.

Prinsip-prinsip etika bisnis - Fotolia

Prinsip-prinsip etika bisnis – Fotolia

3 Contoh Perusahaan yang Menerapkan Prinsip-prinsip Etika Bisnis

Terdapat beberapa perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis konvensional dalam menjalankan usahanya sebagai berikut:

Pupuk Indonesia Persero

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi pupuk terbesar di Indonesia, perusahaan ini ini sudah menjalankan usahanya dengan menerapkan prinsip prinsip etika bisnis atau wirausaha yang dipegang teguh oleh para pekerjanya seperti adanya larangan gratifikasi dan suap. Perusahaan ini sudah menjalankan sebuah peraturan jelas dan tertulis tentang adanya LARANGAN memberikan dan juga menerima sesuatu dari pihak lain baik dalam bentuk uang, hadiah, parsel, ataupun dalam bentuk kenikmatan fasilitas seperti:

  • Mendapatkan potongan harga
  • Transportasi gratis
  • Menyediakan pinjaman yang ada hubungannya dengan bisnis tersebut
  • Semua larangan ini berlaku untuk siapapun tanpa memandang jabatan di dalam perusahaan itu baik dari pejabat sampai dengan staff karyawan.

Selain itu terdapat juga penerapan kebijakan yang disebut anti fraud dan diberlakukan pada seluruh anggota baik komisaris, direktu, amanajer, karyawan, staff, buruh dan semua orang yang bekerja dalam perusahaan ini untuk tidak terlibat dalam melakukan ataupun menjalankan setiap transaksi yang sifatnya negatif dan tertutup yang tidak diketahui oleh pihak lain yang berhubungan. Apabila ada seseorang yang terlibat dalam hal itu maka sanksi tegas bisa diberikan dari penurunan jabatan, pemecatan, bahkan juga sanksi pidana.

POS Indonesia

Prinsipprinsip etika bisnis dan contohnya juga diterapkan oleh PT. Pos Indonesia yang dikelola oleh pemerintah. Dalam usahanya untuk meningkatkan kinerja dan juga kualitas perusahaan, Pos Indonesia menerapkan prinsip yang diberi nama Good Corporate Governance (GCG). Hal ini bertujuan untuk memudahkan komisaris dan juga pihak direksi untuk membuat keputusan dan juga tindakan tegas bagi setiap pelanggaran yang dibuat.

Isi dari prinsip ini antara lain meningkatkan nilai sebuah investasi dan juga kekayaan perusahaan dengan cara yang baik dan jujur, kemudian berusaha untuk mengembangkan perusahaan dalam memberikan kontribusi besar untuk memajukan perekonomian nasional, mendorong semua pihak yang terkait untuk mematuhi peraturan yang dilandaskan dari undang-undang yang berlau serta meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pemegang saham dan juga menjaga lingkungan sekitar perusahaan.

Garuda Indonesia

Prinsipprinsip etika bisnis secara umum juga diterapkan oleh maskapai transportasi udara yaitu PT. Garuda Indonesia yang menerapkan sistem dengan nama Fly HI. Fly Hi tersebut merupakan kepanjangan dari efficient and effective, loyalty atau kesetiaan, customer centricity, honesty and openness serta integrity dalam menjalankan tugas dan juga memberikan pelayanan masyarakat.

Prinsip etika di sini mencakup menjaga hubungan baik antara sesama pihak perusahaan sehingga terjalin kerja sama yang bagus, menjaga hubungan baik dengan konsumen, pemegang saham dan juga pesaing perusahaan, penerapan sistem keterbukaan dan juga transparansi dalam pengelolaan keuangan dan komunikasi serta adanya perlindungan yang harus dijaga untuk menjaga rahasia perusahaan supaya tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak lain yang tidak berkepentingan.

Selain itu, prinsip ini juga bisa mengembangkan bentuk tanggung jawab kepada masyarakat, pemerintah dan juga lingkungan lebih baik sehingga bisa menjaga kepercayaan masyarakat. Dengan mengetahui dan juga menerapkan prinsip prinsip etika bisnis secara benar pada sebuah usaha dan juga bisnis baik dalam skala besar ataupun kecil, maka jalannya perusahaan akan teratur dan terhindar dari adanya bentuk-bentuk pelanggaran.

 

Info Bisnis:

pronsip etika bisnis diperusahaan - prinsip etika bisnis dan contohnya - cara menerapkan prinsip etika bisnis - penerapan prinsip etika bisnis - prinsip etika bisnis dalam perusahaan - contoh penerapan prinsip etika bisnis - prinsip prinsip etika bisnis dalam perusahaan - cara penerapan prinsip etika - prinsip etika bisnis dan penerapan - bagaimana cara menerpakan prinsip2 etika bisnis di perusahaan - prinsip dalam etika bisnis beserta contohnya - prinsip etika bisnis konvensional - prinsip etika dalam perusahaan - prinsip prinsip yang harus dijaga dalam komunikasi bisnis - prinsip-prinsip dalam etika Bisnis beserta contoh - prinsip-prinsip dalam etika Bosnia beserta contohnya - prinsip-prinsip etika bisnis - prinsip-prinsip etika bisnis dan contohnya - prinsip bisnis yang diterapkan di indonesia - perusahaan yang menganut prinsip bisnis konvensional - bagaimana cara prinsip etika dijalankan oleh perusahaan - bagaimana cara prinsip prinsip perusahaan bisa di jalankan? - cara menerapkan prinsip etika bisnis dalam perusahaan - contoh penerapan salah satu printip etika bisnis - contoh perusahaan yang bergerak dalam etika berbisnis? - contoh perusahaan yang menerapkan etika bosnis konvensional - contoh perusahaan yang menerapkan prinsip bisnis konvensional - contoh perusahaan yang menerapkan prinsip etika bisnis - Contoh Prinsip etika bisnis - contoh prinsip-prinsip dalam etika bisnis - gambar etika dalam berbisnis - GAMBAR PRINSIP ETIKA BISNIS - perusahaan yang menerapkan prinsi prinsip etika di indonesia - sudahkah perusahaan di indonesia menerapkan prinsip prinsip etika bisnis -
Content Protection by DMCA.com