Sukses Dengan Bisnis Kuliner Modal Kecil Nasi Goreng

Tidak dipungkiri bahwa bisnis kuliner memang menjamur di setiap daerah. Hal ini dikarenakan tingkat tuntutan pangan masyarakat semakin meningkat. Menjual nasi goreng merupakan salah satu bisnis kuliner modal kecil yang bisa anda coba. Usaha ini mudah dipelajari, mudah dijalankan, dan memiliki segmen konsumen yang sangat luas.  Ya, nasi goreng merupakan salah satu menu favorit masyarakat Indonesia, khususnya untuk sarapan.

Bisnis Kuliner Modal Kecil Nasi Goreng - Fotolia

Bisnis Kuliner Modal Kecil Nasi Goreng – Fotolia

Peluang Bisnis Kuliner Modal Kecil Nasi Goreng

Cara memulai bisnis kuliner dengan modal kecil nasi goreng pada dasarnya hampir sama dengan membuka usaha kuliner lainnya. Anda membutuhkan lokasi yang strategis, sehingga mudah dijangkau oleh konsumen. Jika anda tinggal di sekitar daerah pariwisata, maka pemilihan lokasi akan lebih mudah, karena umumnya area kuliner terkonsentrasi di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Jika demikian, maka anda hanya perlu menyajikan nasi goreng dengan daya tarik tersendiri, baik dari segi penyajian maupun rasa.

Lalu, bagaimana jika anda tidak tinggal di daerah pariwisata? Tidak masalah. Sekalipun anda tinggal di area perkotaan atau bahkan lingkungan perumahan, menjual nasi goreng tetap menjadi bisnis kuliner modal kecil yang menjanjikan. Anda bisa menyewa kios kecil di pinggir jalan atau di sekitar sekolahan, sehingga usaha anda akan ‘terlihat.’

Jika anda memilih warung atau kios makanan di pinggir jalan, maka sebaiknya sajikan nasi goreng dengan citarasa khusus, untuk membedakannya dari produk sejenis. Sebaliknya, jika anda berjualan di sekitar sekolahan, maka anda bisa menyajikan nasi goreng kemasan dengan harga yang lebih terjangkau, karena siswa sekolahan umumnya memiliki uang saku yang terbatas.

Kunci Sukses Bisnis Kuliner Modal Kecil Nasi Goreng

Nasi goreng terdengar biasa saja, namun ini bisa menjadi bisnis kuliner modal kecil untung besar asalkan dikelola secara profesional sejak dini. Berikut adalah beberapa tips sukses untuk anda yang ingin (atau sudah) terjun di bidang bisnis kuliner ini:

Kreativitas penyajian

Nasi goreng merupakan jenis makanan yang umum di masyarakat. Salah satu cara untuk membuang image ‘biasa’ itu adalah dengan menyajikan makanan sekreatif mungkin. Misalnya, sajikan nasi goreng berbentuk wajah orang tersenyum, atau nasi goreng model hati, bulan, dan sebagainya, khususnya jika target konsumen anda adalah anak-anak. Bentuk yang uni akan menarik minat mereka untuk membeli.

Inovasi Rasa

Nasi goreng dengan isian ayam suwir atau telur merupakan hal yang biasa; pembeli bisa mendapatkannya di mana saja. Untuk itu, ciptakan bahan unik yang memang hanya ditemui di usaha Anda, misal nasi goreng dengan isian sayur dengan Cita Rasa Swiss atau inovasi apapun yang membuat produk kuliner nasi goreng tersebut menjadi ciri khas.

Sesuaikan dengan target pasar

Seperti dibahas sebelumnya, target konsumen anda akan menentukan sistem usaha yang anda jalankan. Jika target anda adalah siswa sekolahan, maka harga dan rasa adalah kuncinya. Namun, jika target anda adalah wisatawan, maka penyajian, rasa, serta kekhasan citarasa nusantara perlu mendapat perhatian khusus. Demikian juga jika target anda adalah remaja atau shopper di sekitar mall perbelanjaan, kenyamanan, keunikan, dan penyajian merupakan kunci sukses dengan peluang bisnis kuliner modal kecil ini.

Menjaga kualitas makanan

Jika usaha nasi goreng anda sudah mulai berkembang, yang perlu diperhatikan adalah menjaga konsistensinya, baik dari segi rasa maupun tampilannya. Sehingga kepercayaan konsumen tetap terjaga pada produk kuliner Anda.

Menjual nasi goreng merupakan bisnis kuliner modal kecil yang cukup sederhana namun memiliki potensi yang  bagus. Misalnya, anda bisa menyajikan nasi goreng dalam satu paket hemat dengan minuman atau jus buah. Anda juga bisa menyediakan paket atau bonus khusus untuk konsumen langganan.  Tetaplah berinovasi pada usaha kuliner anda, dan jalan menuju sukses terbuka di depan anda!

Info Bisnis:

usaha dibidang kuliner nasi goreng - risiko yang melekat pada bisnis nasi goreng - tips sukses usaha kuliner nasi goreng pinggir jalan -
Content Protection by DMCA.com