Syarat Waralaba Takeover untuk Bisnis Minimarket Risiko rendah

Usaha minimarket merupakan bisnis waralaba dengan modal besar, dan syarat waralaba yang harus Anda penuhi terbilang tidak mudah. Selain segala bentuk perizinan dan dokumen, Anda juga harus menyediakan tempat yang ideal serta modal yang cukup besar, belum lagi biaya pengelolaan toko yang akan memakan biaya tertentu setiap bulan. Walau bisnis minimarket sendiri cenderung potensia, beratnya syarat-syarat waralaba yang dituntut membuat banyak orang berpikir panjang jika ingin membuka bisnis minimarket.

Syarat waralaba (Fotolia)

Waralaba minimarket lokal Alfamart menjawab kegelisahan ini dengan menawarkan bentuk penawaran bisnis bernama takeover. Alih-alih membuka bisnis baru sedari awal, atau mengubah toko yang sudah ada menjadi minimarket Alfamart, Anda bisa langsung mengelola minimarket Alfamart yang sudah berdiri dan menghasilkan. Tentu saja, ada persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda ingin berbisnis dengan cara ini.

Syarat Waralaba Alfamart Jenis Takeover

Alfamart memiliki beberapa syarat mendirikan waralaba jika Anda berminat mengambil paket bisnis takeover, yaitu sebagai berikut:

Memiliki dana investasi memadai

Modal awal memulai waralaba takeover Alfamart memang cukup besar; Anda harus memiliki modal awal sekitar 400 hingga 600 juta Rupiah. Hal ini karena ada beberapa pembiayaan yang harus dibayarkan, ditambah lagi dengan fakta bahwa cabang alfamart yang hendak diambil alih sudah berjalan dan menghasilkan keuntungan.

Bersedia membayar beberapa jenis pembiayaan

Ada beberapa macam pembiayaan yang harus investor bayarkan untuk mengambil alih toko yang sudah berjalan dan meraup keuntungan. Misalnya, ada biaya 2% dari omset untuk keperluan distribusi barang dagangan, biaya 3% untuk membayar royalti, dan biaya administrasi sebesar 600 ribu Rupiah per bulan. Akan tetapi, untuk toko yang penghasilannya masih di bawah 75 juta Rupiah per bulan, masih dibebaskan dari biaya pembayaran royalti.

Bersedia mengikuti periode minimal kontrak

Ketika menjadi pemilik waralaba Alfamart takeover, Anda harus menuruti periode kontrak yang minimal adalah 5 tahun. Jika ingin memperpanjang kontrak untuk 5 tahun berikutnya, Anda harus menunjukkan kinerja yang baik serta menjadi pemilik waralaba yang baik dan rajin berkomunikasi dengan pusat.

Syarat mendirikan waralaba minimarket (Fotolia)

Bersedia mengikuti semua peraturan waralaba

Alfamart menyediakan berbagai fasilitas dan pendampingan bagi pemilik waralaba baru, baik yang memulai dari nol maupun yang memilih paket takeover. Akan tetapi, walau pemilik takeover mendapat toko yang sudah mendapat omset, pemilik toko itu tetap harus berpatokan pada aturan sebagai pemilik waralaba yang sudah diatur oleh Alfamart. Pelanggaran bisa berujung pada pemutusan kontrak atau ditolaknya proposal untuk memperpanjang kontrak waralaba.

Asalkan Anda mematuhi semua syarat pendirian waralaba, Anda bisa mendapat keuntungan ekstra dari melakukan bisnis lewat paket takeover.

Keuntungan Memilih Paket Waralaba Takeover Alfamart

Walaupun menuntut modal cukup besar serta berbagai pembiayaan untuk mengelola toko yang sudah berjalan, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memilih paket usaha ini, yaitu:

Tidak perlu berspekulasi

Memulai bisnis baru merupakan situasi yang penuh spekulasi. Dengan bisnis takeover, Anda bisa memulai bisnis dari sesuatu yang sudah berjalan dan terbukti memberi keuntungan.

Bisa langsung konsentrasi menjalankan bisnis

Bisnis baru biasanya mengalami masa-masa sulit di awal dalam membangun jumlah pelanggan setia, menarik karyawan, serta hal-hal lain yang diperlukan dalam permulaan. Dengan bisnis takeover, Anda tinggal berkonsentrasi menjalankan bisnis karena usaha sudah berjalan dan karyawan sudah ada.

Potensi kerugian kecil

Pemilik bisnis model takeover Alfamart cenderung jarang merugi; dari semua bisnis takeover yang dibuka, hanya sekitar 3% yang gagal, dan itupun karena hal-hal di luar kendali seperti perubahan jalur transportasi di dekat lokasi bisnis.

Dengan syarat waralaba mudah dan potens rugi kecil, bisnis takeover Alfamart adalah usaha waralaba bebas spekulasi serta memberi keuntungan lebih pasti.

Content Protection by DMCA.com