Tidak Ingin Menjadi Petani? Peluang Usaha di Desa Ini Solusinya

Pengusaha atau pebisnis adalah profesi yang banyak diidam-idamkan oleh mayoritas orang Indonesia. Meski tinggal di desa, bukan berarti anda tidak memiliki peluang untuk menjadi pengusaha sukses. Pasalnya,  peluang usaha di desa sangatlah banyak dan terbuka untuk siapa saja. Entah Anda tinggal di kota ataupun di desa, kesempatan menjadi pengusaha tetaplah sama. Tinggal bagaimana Anda memanfaatkan peluang tersebut.

Peluang usaha di desa selain pertanian - Fotolia

Peluang usaha di desa selain pertanian – Fotolia

Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil

Modal biasa menjadi alasan seseorang untuk mengurungkan niatnya untuk menjadi pengusaha. Apalagi di desa, modal seringkali menjadi hambatan pemutus jembatan kesuksesan seseorang. Padahal seharusnya tinggal di pedesaan tidak dijadikan alasan untuk tidak berpikir maju. Malahan pedesaan memiliki sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dengan lebih daripada di perkotaan.

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk memanfaatkan peluang yang ada, karena peluang usaha di desa berkembang dan semakin diminati. Bagaimana tidak, desa masih menjadi penyumbang utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan akan komoditi pertanian, seperti beras, sayuran, dan buah-buahan maupun komoditi peternakan dan perikanan.

Lebih menarik lagi, peluang usaha yang cocok di desa umumnya tidak membutuhkan modal yang besar. Selain usaha di bidang pertanian, anda juga bisa menjajal bisnis yang berkaitan dengan kehidupan modern. Jangan salah lho…..banyak penduduk desa saat ini sudah menggunakan teknologi modern dalam kehidupan maupun bisnisnya.

4 Contoh Peluang Usaha di Desa Selain Pertanian

Lalu, peluang usaha apa saja yang sekiranya dapat berkembang di desa selain sektor pertanian tanpa perlu modal yang banyak? Sebentar, Anda memang tak perlu mengeluarkan modal banyak berbentuk uang yang banyak dalam melakukan usaha-usaha berikut ini. Berikut adalah beberapa pilihannya:

Peluang usaha pulsa di desa - Fotolia

Peluang usaha pulsa di desa – Fotolia

Jual Pulsa Elektrik

Handphone bukanlah barang yang hanya dimiliki oleh orang yang tinggal di kota. Hampir semua penduduk di pedesaan pun sudah menggunakan handphone sebagai alat komunikasi utama. Oleh karena kebutuhan berkomunikasi semakin meningkat setiap waktunya, ponsel genggam juga menjadi konsumsi masyarakat pedesaan. Untuk Anda yang tinggal di desa, usaha jual pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa.

Jasa Menjahit dan Kursus Jahit

Di desa maupun kota, tetap saja penduduk membutuhkan pakaian yang layak untuk dikenakan sehari-hari maupun acara tertentu. Nah, jasa menjahit merupakan suatu peluang bisnis yang tidak akan ada matinya. Pasalnya, semua orang membutuhkannya. Jika modal anda sangat kecil, maka anda cukup terima order jahitan atau permak pakaian untuk menambah penghasilan.

Namun, jika anda memiliki lebih banyak modal, maka kursus menjahit bisa menjadi pilihan. Menjahit merupakan skill yang menarik bagi kaum wanita di desa, khususnya mereka yang berpendidikan rendah. Jadi, selain meningkatkan ekonomi keluarga, anda juga bisa membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf ekonominya.

Bisnis Online

Siapa bilang penduduk di pedesaan tidak mengenal bisnis online? Belanja online adalah cara praktis yang biasa dilakukan oleh masyarakat perkotaan. Namun bukan berarti masyarakat pedesaan tidak mengenal belanja online. Anda bisa memanfaatkan handphone dan laptop Anda untuk membangun usaha bisnis online Anda.

Bisnis online merupakan usaha yang cocok di desa - Fotolia

Bisnis online merupakan usaha yang cocok di desa – Fotolia

Buka Toko Kelontong

Anda juga bisa menjual barang-barang yang diperlukan untuk kebutuhan rumah tangga di pedesaan. Membuka toko kelontong merupakan salah satu peluang usaha di desa dengan modal kecil, dengan prospek yang cukup baik.

Dengan beberapa contoh peluang usaha di atas, seharusnya tempat tinggal tidak dijadikan alasan Anda untuk berhenti berusaha. Peluang usaha di desa begitu banyak dan cukup menjanjikan. Jadi, untuk menjadi pengusaha sukses, tidak mesti pindah ke kota bukan?

Info Bisnis:

peluang usaha di desa berkembang - usaha di desa - peluang usaha di pedesaan - usaha yang cocok di pedesaan - usaha di desa para petani - usaha di desa mayoritas petani - usaha desa berkembang - usaha apa yang cocok didesa - sukses bisnis di desa - usaha yg cocok di perkampungan - solusi menjadi petani sukses di desa - profesi yang cocok di desa - potensi usaha desa - pingin usaha didesa - Petani Pingen punya usaha di desa - usaha di desa sukses - usaha di desa yg cocok - usaha yang praktis di desa - usaha yang dapat berkembang didesa toko - usaha yang cocok dikota yang mayoritas petani - usaha yang cocok di daerah pedesaan - usaha yang cocok d daerah pedesaan - usaha utama di desa - usaha sukses di pedesaan - usaha prktis pedesaan - usaha praktis di pedesaan - usaha menjanjikan di pedesaan - usaha kecil dari kebutuhan petani sehari hari - usaha didesa tani modern#spf=1 - usaha didesa - pelung usaha di daerah pedesaan selain tani - peluang usaha pedesaan modern - jualan yng menarik di desa prtaniAn - ingin usaha di desa sukses - foto desa fotilo - contoh peluang usaha yang bisa dimanfaatkan di desa - contoh LHO kehidupan petani di desa - bisnis yang cocok di pedesaan dengan mayoritas petani - bisnis pedesaan - bisnis dipedesaan yang masyarakat mayoritas petani - bisnis didesa - bisnis di pedesaan - bisnis cocok di desa - bisnis apa yang dapat meningkat d pedesaan - kursus yg cocok di daerah desa - memanfaatkan peluang di desa jadi pengusaha - memanfaatkan peluang usaha di desa - peluang usaha jasa di desa - peluang usaha dipedesaan - peluang usaha di desa dengan penduduk petani -
Content Protection by DMCA.com