Tips Manajemen Buka Usaha di Rumah agar Sukses

Membuka usaha sendiri adalah mimpi banyak orang, terutama jika bisa buka usaha di rumah dan mendapat banyak uang tanpa pergi ke kantor. Bisnis rumahan bisa beraneka ragam, mulai dari pembuatan jajanan, kerajinan tangan, membuka warung atau toko, membuka suatu layanan jasa, hingga bisnis berbasis teknologi seperti desain web dan desain grafis. Akan tetapi, membuka usaha di rumah bukan hanya soal bekerja, menyediakan produk dan mencari pelanggan.

Tips manajemen usaha - Fotolia

Tips manajemen usaha – Fotolia

Usaha rumahan yang baik harus diatur dengan manajemen rapi, agar Anda bisa mendapat keuntungan konstan dan bahkan mengembangkan usaha tersebut.

Strategi Manajemen Buka Usaha di Rumah

Membuka usaha di rumah bukan berarti Anda bisa mengelolanya secara serampangan. Ketika Anda bekerja tanpa atasan atau aturan ketat di rumah sendiri, perhatian Anda bisa dengan mudah teralihkan, terutama jika Anda bekerja dengan internet. Berikut tips buka usaha di rumah agar bisnis Anda terkelola dengan lancar:

Ciptakan jadwal terstruktur dalam aktifitas harian

Walau tidak seketat kantor, struktur akan membantu Anda memprioritaskan hari. Misalnya, beberapa jam di awal hari difokuskan untuk menjawab email, menanggapi pertanyaan klien, atau membuat pesanan klien yang tenggat waktu pemesanannya paling cepat. Hindari melakukan aktifitas seperti menjelajahi internet untuk santai atau menonton TV sebelum Anda melakukan semua prioritas tugas terpenting.

Jadilah orang yang lebih terorganisir

Hanya karena Anda buka usaha kecil-kecilan di rumah, bukan berarti Anda harus ceroboh dalam mengorganisir pekerjaan. Atur kontak semua klien atau pelanggan Anda, terutama yang paling sering memesan. Jika perlu, berinvestasilah pada smartphone yang bisa menampung data-data dan kontak dalam satu tempat yang bisa Anda bawa-bawa (tidak perlu yang mahal). Rapikan semua keperluan pekerjaan atau bisnis Anda sesuai kategori, sehingga Anda tak perlu buang-buang waktu menghambur-hamburkan semuanya saat memerlukannya.

Pelajari keahlian lain

Orang yang memiliki bisnis di rumah mau tidak mau harus memelajari beberapa keahlian di luar latar belakang pendidikan atau pekerjaannya. Misalnya, cobalah pelajari dasar-dasar troubleshooting komputer, dasar-dasar pembukuan, atau bahasa Inggris. Hal ini akan berguna saat Anda hendak mengembangkan usaha atau meningkatkan kredibilitas di mata klien dan konsumen.

Dengan mengadopsi perilaku profesional, Anda dapat mengembangkan bisnis rumahan menjadi usaha yang cukup sukses.

Sikap Profesional untuk Buka Usaha Sendiri di Rumah

Anda juga memerlukan sikap ala profesional saat buka usaha sendiri di rumah. Sikap ala profesional di sini adalah kemampuan komunikasi yang baik, kemauan untuk mengelola usaha dengan baik, dan kemampuan mengetahui kapan waktunya bekerja dan kapan istirahat. Menjalin komunikasi yang baik dengan para klien atau pelanggan sangat penting, karena bisnis kecil kerap bergantung pada promosi mulut ke mulut dari pelanggan yang puas. Jika mereka menikmati interaksi dengan Anda di samping produk atau layanan, hal ini menjadi nilai plus.

Anda juga harus mampu menyeimbangkan antara kerja dan istirahat. Walaupun Anda bisa bekerja seharian penuh, bijaklah dalam mengatur kapan Anda beristirahat sejenak dan melegakan pikiran. Anda akan lebih bisa berkonsentrasi, memperbaiki suasana hati, dan merasa lebih berenergi untuk terus bekerja. Kaum profesional mampu menyeimbangkan hal ini sehingga waktu kerja dan waktu untuk diri sendiri (me-time) tidak bertabrakan.

Kesimpulannya, walaupun buka usaha di rumah memberi Anda kebebasan ekstra, sikap profesional dan terorganisir tetap penting agar usaha Anda berjalan lancar.

Info Bisnis:

tips agar rumah rapi usaha lancar - tips manajemen bisnis dirumah -
Content Protection by DMCA.com