Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Rumahan untuk Perusahaan

Rental mobil merupakan kebutuhan penting di daerah perkotaan yang sibuk, dan bisnis rental mobil sangat potensial di area perkotaan, sekalipun Anda memulainya secara pribadi. Walaupun Anda mulai hanya dengan 1 atau 2 mobil, Anda bisa segera memulai usaha ini dengan menawarkannya ke perusahaan atau pemilik bisnis. Bisnis rental mobil ke perusahaan cenderung lebih menguntungkan daripada menyewakan ke pribadi, karena resikonya lebih kecil dan Anda bisa mendapat portfolio pelanggan yang cukup bagus.

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil - Fotolia

Tips Memulai Bisnis Rental Mobil – Fotolia

Rahasia Sukses Bisnis Rental Mobil Rumahan

Transway Rental (PT Grahamitra Lestari Jaya) adalah salah satu contoh perusahaan rental mobil yang sukses, serta sering mengirim pembicara ke berbagai acara pelatihan untuk wirausahawan. Harwoto, manajer cabang Transway Rental, menyampaikan berbagai rahasia kesuksesan bisnis rental mobil dalam pelatihan bisnis mandiri Ciputra Entrepreneurship di Surabaya pada bulan Januari 2014. Menurut Harwoto, mengembangkan bisnis rental mobil rumahan memerlukan perhitungan matang terhadap beberapa faktor yang tak boleh diabaikan.

Faktor tarif sewa menjadi hal yang harus diperhitungkan dengan teliti. Umumnya, biaya penyewaan mobil tidak termasuk bahan bakar serta tarif untuk sopir (kecuali jika si penyewa menyetir sendiri). Tarif penyewaan juga harus ditentukan dalam beberapa kategori: 8 jam, 12 jam, atau 24 jam. Pemilik bisnis penyewaan mobil juga bisa menetapkan tarif khusus untuk penyewaan selama periode tertentu, misalnya 1 bulan atau 3 bulan. Penyewaan oleh perusahaan biasanya menggunakan sistem penyewaan seperti ini (rata-rata 3 bulan hingga 6 bulan) karena kebutuhannya besar. Karena itu, sebaiknya menyediakan minimal 3 mobil jika Anda mengincar perusahaan.

Pemilik usaha penyewaan juga harus mempertimbangkan faktor resiko, misalnya mobil dibawa lari atau terjadi kecelakaan atau kerusakan saat digunakan. Akan tetapi, jika Anda menawarkan mobil sewaan kepada perusahaan atau pemilik bisnis, resikonya agak lebih rendah karena mereka biasanya lebih bertanggungjawab.

Tips Kerjasama Bisnis Rental Mobil dengan Perusahaan

Jika Anda tertarik dengan kerjasama bisnis rental mobil bersama perusahaan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  • Pilih jenis mobil yang tepat. Jika mobil Anda disewakan untuk penggunaan sebagai mobil penumpang, perusahaan atau pemilik bisnis biasanya menginginkan mobil yang tampilannya cukup bergengsi, nyaman, dan bisa memuat cukup banyak orang. Avanza dan Xenia, misalnya, cukup populer sebagai mobil yang disewakan pada pemilik perusahaan atau bisnis.
  • Berinvestasilah pada mobil baru. Walau kedengarannya mahal, mobil baru tidak memerlukan biaya perawatan yang terlalu besar untuk beberapa tahun pertama. Mobil baru juga akan meningkatkan gengsi bisnis penyewaan di kalangan perusahaan; banyak penyewa dari perusahaan atau pemilik bisnis akan memilih mobil yang terlihat baru dan bergengsi.
  • Pastikan jenis asuransi yang Anda gunakan lengkap; dan disesuaikan dengan kondisi serta resiko yang mengelilingi kendaraan tersebut. Jika perlu, kumpulkan daftar perusahaan asuransi yang kantor perwakilannya ada di dekat Anda atau masih satu kota, lalu teliti keuntungannya satu-persatu sebelum memilih layanan yang paling tepat.
  • Pastikan Anda mengetahui daftar sesama pemilik usaha yang berkaitan dengan penyewaan mobil, seperti bengkel yang bagus, penjual aksesori mobil asli, serta kontak sopir freelance yang siap kapan saja. Ini adalah cara bisnis rental mobil yang disarankan: menjalin sebanyak mungkin kontak untuk kelancaran bisnis dan bahkan keuntungan lainnya seperti diskon atau kesempatan menawarkan layanan jasa.

Bisnis rental mobil memiliki potensi keuntungan yang cukup bagus, terutama jika Anda memasarkannya kepada perusahaan atau pemilik bisnis.

Info Bisnis:

bisnis mobil rental rumahan - bisnis penyewaan mobil ke perusahaan - bisnis rental mobil ke perusahaan - bisnis rental mobil untuk perusahaan - usaha rental mobil ke perusahaan -
Content Protection by DMCA.com