Tips Memulai Peluang Usaha Agribisnis di Rumah dan Lahan Sempit

Usaha pertanian mikro (micro farming) memberi kesempatan peminat peluang usaha agribisnis untuk menggarap lahan sempit, misalnya di rumah atau di lahan seadanya yang mungkin Anda miliki. Pertanian mikro kerap kali bukan untuk bisnis besar, melainkan untuk konsumsi sendiri atau untuk mendapat penghasilan tambahan lewat penjualan hasil pertanian ini secara langsung, bukan seperti lahan pertanian raksasa yang bisa memasok ke berbagai wilayah bahkan ke luar negeri.

Peluang Usaha Agribisnis di Lahan Sempit - Fotolia

Peluang Usaha Agribisnis di Lahan Sempit – Fotolia

Peluang usaha agribisnis di lahan sempit tidak selalu ditujukan untuk mendapat keuntungan besar, namun bisa untuk memberi Anda kesempatan memeroleh bahan makanan segar sendiri tanpa harus beli. Jika Anda tinggal di perkotaan atau hanya punya lahan yang sangat kecil, Anda bisa menggunakan beberapa trik pertanian mikro untuk mendapat hasil kebun segar.

Cara Memulai Peluang Usaha Agribisnis Lahan Sempit

Berikut beberapa cara memulai peluang usaha agribisnis di lahan sempit atau bahkan halaman rumah sendiri:

Menanam dalam kontainer dan pot-pot

Banyak pemilik apotek hidup dan kebun herba menggunakan pot serta kontainer untuk menanam tanaman mereka di lahan sempit, karena keterbatasan tanah yang bisa ditanami. Selain herba dan tanaman obat, Anda juga bisa menanam sayuran atau pohon buah mini seperti lemon dan tomat ceri di pot dan kontainer berukuran agak besar.

Menggunakan sistem hidroponik

Peluang usaha agribisnis modal kecil dapat dimulai dengan tanaman hidroponik. Salah satu yang sedang populer saat ini adalah tanaman hidroponik yang ditanam di dalam kontainer bekas pipa PVC yang dilubangi, lalu diletakkan secara vertikal. Pola penanaman seperti ini dapat menghemat tempat dan memungkinkan Anda mendaur ulang pipa bekas sehingga lebih ramah lingkungan.

Menggunakan medan tanam vertikal.

Menanam dengan pipa PVC bekas merupakan salah satu cara menerapkan tanam vertikal, yaitu menggunakan media tanam yang ditumpuk tinggi, bukan disebar secara horizontal. Selain menggunakan pipa PVC bekas, Anda juga bisa meletakkan pot-pot di rak, menggantung pot, atau menciptakan tempat merambat untuk beberapa jenis tanaman tertentu. Kebun vertikal ini juga mulai populer di kota-kota besar sebagai upaya menghijaukan kota tanpa memakan terlalu banyak lahan.

Pot sebagai media tanam di lahan sempit - Fotolia

Pot sebagai media tanam di lahan sempit – Fotolia

Selain memanfaatkan tempat dengan baik, peluang usaha agribisnis pertanian lahan sempit biasanya juga menggunakan tanaman yang cepat tumbuh dan tidak terlalu rewel, misalnya selada, pakcoy, terong, atau jagung manis.

Bisakah Memulai Peluang Usaha Agribisnis Buah di Lahan Sempit?

Lahan sempit biasanya tidak begitu disarankan untuk peluang usaha agribisnis buah, karena akan menyulitkan dan tidak akan memberi jumlah hasil panen yang diharapkan. Akan tetapi, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam jenis buah yang tak akan memakan banyak tempat. Pohon belimbing, misalnya, relatif kecil walaupun buahnya berukuran cukup besar. Akan tetapi, jika ingin buah yang relatif banyak peminatnya, Anda bisa menanam pohon jeruk nipis atau tomat, termasuk tomat ceri yang banyak disukai karena mudah dimakan dan bisa dicampur dengan salad.

Tanaman buah kurang ideal untuk lahan minimalis karena tidak memberi jumlah buah yang diinginkan, namun jika tujuan Anda hanya ingin mengonsumsi buah itu sendiri, pohon-pohon buah mini bisa menjadi pilihan. Jeruk nipis dan tomat termasuk banyak kegunaannya, sehingga tak akan merugikan walaupun Anda hanya bisa menanam sedikit di lahan sempit. Pada akhirnya, strategi peluang usaha agribisnis di lahan sempit harus berpusat pada strategi penggunaan lahan secara efektif agar memberi hasil maksimal dari tempat yang kecil.

Info Bisnis:

usaha agribisnis lahan sempit - menanam sayuran di halaman rumah untuk bisnis sampingan - usaha agribisnis tanpa - Tips memulai agribisnis - menanam tanaman di lahan sempit - Agribosnis lahan sempit - ide usaha di lahan sempit - cara usaha agribisnis dengan lahan yang sempit - cara memulai bisnis organik d lahan sempit - agrobisnis di rumah - agrobisnis di lahan sempit - usaha pertanian lahan sempit -
Content Protection by DMCA.com