Tips Memulai Peluang Usaha Sembako: Tantangan dan Kesempatan

Sembako adalah produk yang dibutuhkan oleh banyak orang, namun peluang usaha sembako belum tentu mendatangkan keuntungan besar bagi setiap pelakunya. Dengan maraknya usaha sembako baik grosir, agen maupun toko sembako eceran, Anda menghadapi banyak pesaing dalam memulai usaha ini, belum lagi memperhitungkan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis. Jika Anda ingin menjajal peluang usaha toko sembako, atau mungkin distributor atau agen, pastikan Anda memahami faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan usaha Anda.

Peluang usaha grosir sembako modal kecil - Fotolia

Peluang usaha grosir sembako modal kecil – Fotolia

Tantangan Memulai Peluang Usaha Sembako

Usaha sembako berurusan dengan produk yang banyak dicari oleh semua kalangan masyarakat, dan Anda tidak bisa menjual sedikit saja. Jika Anda tertarik untuk membuka toko atau usaha distribusi sembako, Anda harus punya produk yang cukup lengkap dengan harga bersaing, karena masyarakat umumnya sangat teliti dengan harga saat membeli sembako. Ada beberapa tantangan yang harus diatasi ketika Anda berniat menjalankan peluang usaha agen sembako, yaitu:

  • Memilih lokasi yang salah. Anda mungkin membuka toko sembako dekat toko yang sudah lama berbisnis, atau di area dimana masyarakat sudah memiliki tempat yang lebih lengkap untuk membeli sembako, atau di area dimana komunitasnya cenderung tidak membeli sembako dalam jumlah besar.
  • Tidak memiliki rencana bisnis yang teliti. Anda mungkin sudah membaca peluang dan memiliki modal, namun memulai usaha baru tidak mudah. Jika Anda tidak memiliki rencana bisnis untuk mengatasi rintangan selama tahun-tahun pertama, Anda bisa bangkrut atau tak mampu mengatasi halangan bisnis.
  • Tidak konsisten dalam menyediakan layanan. Masyarakat mengharapkan stok sembako untuk terus ada, terutama bagi pemilik usaha yang membeli secara grosir karena memerlukan banyak bahan mentah. Jika Anda tak memiliki stok lengkap dan tak bisa mempertahankan layanannya, atau tidak melakukan riset harga (yang kerap berubah), masyarakat tak akan mau membeli produk Anda lagi.
  • Tidak mampu mempertahankan bisnis. Peluang usaha sembako sebaiknya dikembangkan, misalnya dari toko kecil menjadi peluang usaha distributor sembako, agar Anda bisa mendapat keuntungan ekstra dan bisa mengembangkan usaha, atau setidaknya menghadapi musim kenaikan harga sembako. Jika tidak, Anda akan cepat bangkrut.

Dengan berbagai tantangan yang cukup berat, tidak heran jika banyak yang berpikir ulang ketika ingin membuka usaha sembako. Akan tetapi, bukan berarti usaha ini tidak potensial. Anda hanya perlu menentukan cara terbaik memulai usaha ini.

Tips Peluang Usaha Grosir Sembako

Menjadi pemilik toko atau usaha grosir dan distribusi sembako memerlukan banyak taktik, di antaranya adalah menyesuaikan strategi bisnis dengan persaingan Anda. Pastikan Anda memilih area yang strategis dimana banyak pembelanja potensial berada, dan mudah diakses oleh kendaraan pengangkut barang. Lakukan survey ke mana biasanya masyarakat sekitar membeli kebutuhan sembako, dan sesuaikan harga serta kelengkapan stok untuk menghadapi persaingan.

Peluang usaha grosir sembako juga bergantung pada kelengkapan stok; lebih baik memiliki stok lengkap walau sedikit daripada stok terbatas berjumlah banyak. Layanan ekstra seperti jasa hantaran untuk belanja individual dengan jumlah pembelian tertentu serta diskon juga bisa menjadi faktor penarik masyarakat agar mau berbelanja. Anda juga bisa menyasar toko dan warung kecil sebagai pembelanja potensial yang membeli dalam jumlah besar.

Memulai peluang usaha sembako bukan langkah bisnis mudah, tetapi dengan perhitungan dan riset bisnis teliti, Anda dapat menaklukkan tantangan serta mempertahankan bisnis hingga sukses dan tumbuh besar.

Info Bisnis:

bisnis sembako yang baik - peluang dan rintangan usaha agen sembako - bisnis sembak - Tips usaha sembako - tantanggan usaha sembako - tantangan warung sembako - tantangan usaha warung sembako - tantangan usaha sembako kelompok - rintangan dalam berjualan sembako - peluang kesempatan toko - menghadapi usaha sembako yg bangkrut - memulai usaha agen sembako - usaha sembako yg ada rintangan nya -
Content Protection by DMCA.com