Trik Memulai Bisnis Properti untuk Kebutuhan Hunian Khusus

Bisnis properti saat ini mulai menapaki iklim yang cukup baik, namun jika Anda ingin menjajal tren unik, Anda bisa memulai bisnis properti untuk kebutuhan hunian khusus, terutama bagi mereka yang membutuhkan bantuan atau pendampingan dalam hal hunian. Di Amerika Serikat dan Kanada, properti berupa hunian terjangkau (affordable housing) untuk mereka yang berkebutuhan hunian khusus mulai marak, dengan cara memulai bisnis properti yang unik sehingga bisa memberi marjin keuntungan.

Trik Memulai Bisnis Properti - Fotolia

Trik Memulai Bisnis Properti – Fotolia

Ada beberapa kelompok pasar yang dapat menjadi target pemasaran potensial untuk hunian khusus ini. Dengan menjajal pasar tersebut, Anda dapat memeroleh target pemasaran yang cenderung spesifik, yang cocok untuk bisnis properti kecil-kecilan karena tingkat persaingannya biasanya kecil. Anda bahkan tak perlu membeli suatu rumah, cukup mencari rumah yang bisa ditawarkan oleh makelar lepas, tentunya yang sesuai dengan keterjangkauan Anda.

Memulai Bisnis Properti Hunian Terjangkau: Target Pemasaran

Hunian khusus berbiaya rendah di sini maksudnya adalah hunian seperti rumah yang dirancang sesuai dengan kebutuhan calon penghuninya, terutama bagi yang memiliki kondisi khusus. Inilah beberapa calon target pemasaran yang mungkin bisa dipertimbangkan ketika Anda hendak memulai bisnis properti tanpa modal:

  • Rumah kos. Jika Anda memiliki rumah, atau menemukan rumah di suatu area yang ditawarkan sebagai produk properti, Anda bisa menjadi penjual atau makelar rumah khusus untuk kos-kosan. Seperti dibahas pada peluang usaha untuk pensiunan, bisnis rumah kos juga dapat menjadi alternatif bagi anda yang sudah memasuki usia pensiun. Mahasiswa atau karyawan kantor muda biasanya tidak butuh terlalu banyak; suatu rumah cukup punya kamar tidur dan kamar mandi yang memadai, serta lokasi strategis dekat pusat pendidikan atau perkantoran.
  • Rumah untuk penghuni berkebutuhan khusus atau manula. Fasilitas untuk orang yang berkebutuhan khusus atau manula yang perlu didampingi cenderung belum mendapat banyak perhatian. Akan tetapi, pasar properti untuk para penghuni ini sudah mulai dilirik di Amerika Serikat, dimana populasi orang berusia 65 tahun ke atas diperkirakan akan naik 20 hingga 30 persen dalam beberapa tahun ke depan. Anda mungkin harus mengeluarkan sedikit modal untuk membuat akses yang ramah kursi roda atau pegangan besi di kamar mandi dan toilet.
  • Rumah sewaan khusus pekerja yang tinggal dalam jangka waktu lama. Pekerja kantor luar daerah atau ekspatriat yang sedang ditugaskan dalam jangka waktu cukup lama biasanya menganggap rumah kos tak memadai. Cara memulai bisnis properti dari nol adalah dengan mencari rumah dekat area perkantoran, lalu memasarkannya sebagai rumah sewaan, bukan rumah kos.

Dengan menyasar target berkebutuhan spesifik, Anda bisa mendapat pasar niche untuk properti, bahkan properti yang bukan milik Anda.

Promosi Properti Spesifik: Cara Memulai Bisnis Properti bagi Pemula

Jika Anda ingin memasarkan properti untuk pasar spesifik seperti di atas, pastikan Anda memahami cara memulai bisnis properti bagi pemula. Memahami area pemasaran adalah kunci terpenting, terutama karena penyewa atau pembeli rumah tersebut memiliki kebutuhan spesifik. Anda juga harus memahami masalah perijinan dan modifikasi khusus rumah, terutama jika rumah tersebut akan dipasarkan untuk penyewa berkebutuhan khusus (misalnya modifikasi bagian rumah untuk akses kursi roda).

Ketika memperhitungkan pengeluaran, pastikan Anda menghitung tidak hanya biaya listrik, air dan gas, namun juga telepon, pajak, perijinan, sertifikat, dan perluasan atau modifikasi yang diperlukan. Memulai bisnis properti memerlukan rencana mendetail, terutama jika Anda mengincar penyewa spesifik, namun hasilnya akan lebih memuaskan dan memberi Anda pasar kecil tetapi loyal.

Content Protection by DMCA.com