Usaha Sampingan di Rumah untuk Ibu Rumah Tangga – Bagian 5

Memasak, menjahit, membersihkan rumah, berkebun dan lain sebagainya merupakan kemampuan dasar seorang wanita. Salah satu kemampuan tersebut dapat diubah menjadi usaha sampingan di rumah yang bisa mendatangkan untung besar. Anda bisa tetap menjaga dan mengurus keluarga sambil menjalankan bisnis yang Anda pilih.

Usaha sampingan di rumah - kreasi busana homemade (Fotolia)

Usaha sampingan di rumah – kreasi busana homemade (Fotolia)

Selain usaha laundry, kreasi kain perca atau jasa pembersih profesional yang telah dibahas sebelumnya, fashion menjadi salah satu contoh usaha sampingan di rumah yang disukai oleh ibu rumah tangga kreatif yang ingin menjadikan hobbinya sebagai bisnis. Industri fashion selalu berkembang dan dibutuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat khususnya wanita. Salah satunya adalah bisnis kreasi busana homemade.

Kreasi Busana Homemade Sebagai Usaha Sampingan di Rumah

Untuk Ibu rumah tangga yang memiliki skill menjahit atau membordir pakaian, bisnis ini sangat cocok untuk dicoba. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis ini, antara lain:

Mempersiapkan peralatan

Ini merupakan hal utama sebagai pendukung kesuksesan usaha. Anda harus mempersiapkan peralatan menjahit, kemasan, dan label. Bahan baku utama juga perlu dipersiapkan dengan baik seperti busana-busana yang akan dijadikan sebagai bahan untuk berkreasi.

Mencari pemasok pakaian

Seperti namanya kreasi busana, Anda harus menemukan dan mencari pemasok busana dengan harga murah sebagai bahan baku Anda untuk membuat kreasi yang Anda inginkan. Kalau bisa, pakaian yang akan Anda kreasikan itu tidak memiliki motif atau polos sehingga Anda bisa berkreasi secara bebas. Bekerja sama dengan pemasok bahan juga penting untuk menjaga ketersediaan bahan kain kapanpun anda membutuhkannya.

Memikirkan desain

Walaupun Anda sudah memiliki baju sebagai bahan utamanya, Anda tetap harus memikirkan desain sebagai awal mula dari pola dan motif yang akan Anda bentuk. Anda bisa berkreasi dengan desain khusus yang menjadi ciri khas koleksi bergaya limited atau justru mengikuti trend mode yang sedang berkembang.

Merekrut karyawan

Setidaknya Anda bisa merekrut satu orang karyawan yang bisa membantu Anda karena jika Anda melakukannya seorang diri akan membutuhkan waktu yang lama. Pilihlah karyawan yang memiliki skill menjahit baik dengan menggunakan jarum manual ataupun menggunakan mesin jahit. Memiliki teknik-teknik penjahitan yang rapi baik dari segi bordir, memberi payet dan sebagainya. Jika bisnis ini berjalan baik, Anda tidak perlu cari usaha sampingan di rumah yang lainnya lagi.

Memulai usaha busana homemade untuk ibu rumah tangga - Fotolia

Memulai usaha busana homemade untuk ibu rumah tangga – Fotolia

Seperti diketahui, memang ada banyak sekali macam-macam usaha sampingan di rumah yang bisa Anda coba, salah satunya dengan bisnis kreasi busana homemade. Anda tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan bisnis ini sehingga tidak banyak modal yang perlu dikeluarkan.

Metode Promosi Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil 

Apabila Anda ingin bisnis kreasi busana homemade ini bertahan, dan dapat meningkatkan penjualan serta menghasilkan laba, Anda perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat sehingga Anda mudah menemukan konsumen. Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial yang saat ini sedang berkembang.

Atau, Anda bisa memakai produk tersebut lalu meminta orang lain untuk mengambil gambar Anda dan kemudian dipasang di semua media sosial. Sebaliknya, anda bisa menggunakan salah satu anggota keluarga sebagai ‘model’ untuk memperagakan karya anda. Metode ini dapat menghemat biaya daripada Anda menyewa seorang model karena bisnis kreasi busana ini adalah usaha sampingan di rumah modal kecil.

Metode lainnya adalah memakai koleksi anda untuk acara-acara seperti arisan, pengajian, atau PKK sehingga teman-teman Anda bisa melihat secara langsung produk Anda. Cara lain adalah membawa koleksi anda pada acara arisan atau kumpul-kumpul bersama rekan, tetangga, maupun sahabat anda.

Faktor yang paling penting supaya usaha sampingan di rumah ini berhasil adalah kerja keras dan kemauan yang gigih. Dengan adanya kemauan dan kerja keras, Anda bisa mengatasi setiap tantangan yang akan Anda hadapi dalam berbisnis dengan baik, dengan begitu bisnis sampingan ini dapat menghasilkan banyak keuntungan.  

 

Info Bisnis:

homemade kreasi ibu rumah tangga - usaha homemade - kerja sampingan di rumah 2016 - kerja sampingan homemade - kreasi homemade - sampingan gomade - www kreasi home made com -
Content Protection by DMCA.com