Usaha Sampingan Mahasiswa Kreatif – Bagian 8

Sebagai seorang mahasiswa yang kemungkinan besar belum memiliki pendapatan yang tetap, tentu saja berbisnis online  menjadi pilihan yang tepat. Selain karena bisnis online tidak memerlukan modal yang banyak, bisnis berbasis internet ini juga menawarkan kemudahan dan keuntungan yang banyak. Apalagi jika bisnis online tersebut dijalankan melalui situs jual-beli online terkenal, pastilah usaha sampingan mahasiswa semakin menjanjikan. Salah satu situs jual-beli terkenal adalah Fiverr. Namun berbeda daripada situs yang lain, Fiverr tidak memperjual-belikan barang, melainkan jasa.

Usaha sampingan mahasiswa di Fiver - Fotolia

Usaha sampingan mahasiswa di Fiver – Fotolia

Usaha Sampingan Mahasiswa dengan Modal Kecil di Situs Fiverr

Di situs Fiverr, Anda dapat menjual jasa edit foto, penjual e-book, penulis artikel, pembuat desain logo, dan berbagai jenis bidang jasa lainnya. Pada intinya, situs ini lebih fokus pada transaksi jasa Berikut adalah 2 cara untuk memulai usaha sampingan untuk mahasiswa di situs Fiverr:

Menawarkan Jasa atau Produk

Sesuai dengan nama situsnya yaitu Fiverr, maka setiap jasa yang Anda kerjakan akan diupahi dengan $5. Pihak Fiverr sebagai penyedia situs akan mengambil $1 dari $5 tersebut, jadi Anda kemungkinan besar akan mendapat sekitar $4 per pekerjaan yang Anda lakukan. Usahakan menawarkan jasa dan produk yang sesuai hobi serta kemampuan Anda agar Anda tak merasa terbebani ketika menjalankannya. Misalnya Anda menyukai desain grafis, maka Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo di situs Fiverr. Menjual jasa di situs Fiverr merupakan contoh usaha sampingan mahasiswa yang mudah dan menguntungkan.

Memberi Penawaran Lebih

Perlu diketahui bahwa di situs Fiverr telah tersedia menu untuk mendapatkan penghasilan yang lebih dari penghasilan standard yang dipatok $5. Anda dapat mematok %50 sampai dengan %100 untuk setiap tawaran tambahan yang Anda sediakan kepada pelanggan. Biasanya tawaran ekstra yang uniklah yang bisa diupahi lebih dari $5. Misalnya, Anda menawarkan jasa pembuatan backlink untuk situs pemerintahan atau institusi pendidikan. Karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya, maka Anda bisa diupahi lebih dari upah standard.

Strategi Menjalankan Usaha Sampingan Mahasiswa di Situs Fiverr

Berikut ini merupakan beberapa langkah strategis untuk memulai usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil di situs Fiverr:

Mengetahui Kemampuan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak menjual jasa Anda di situs Fiverr adalah mengetahui minat dan bakat Anda. Antara minat dan bakat haruslah sesuai dan sudah teruji kapasitasnya. Jika Anda berminat pada jasa menulis, tentu saja Anda harus bisa menulis dengan baik dan benar.

Daftar di Fiverr.com

Setelah mengetahui minat Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda tempuh dalam menjalankan usaha sampingan modal kecil mahasiswa di situs Fiverr adalah mendaftar ke Fiverr.com. Di situs tersebut Anda akan diminta mengisi formulir. Anda hanya perlu mengikuti beberapa instruksi pada situs Fiverr untuk menjadi penyedia jasa resmi di situs Fiverr.

Milikilah Akun Paypal atau Fiverr Revenue Card

Karena Anda akan dibayar dengan mata uang dollar, maka sebaiknya Anda menyiapkan akun virtual di Paypal. Selain Paypal, Anda juga bisa mendaftar untuk mendapatkan Fiverr Revenue Card dengan melalui serangkaian instruksi dari Fiverr.

Pembahasan tentang cara memulai dan serangkaian strategi dalam menjalankan usaha sampingan mahasiswa di situs Fiverr diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk memulai mengembangkan potensi dan kemampuan diri selagi di bangku perkualiahan. Hanya kemampuanlah yang lebih dibutuhkan dalam bisnis jenis ini. Asahlah terus kemampuan Anda selagi masih muda! Selamat berbisnis dengan Fiverr!

Info Bisnis:

fiverr revenue card adalah -
Content Protection by DMCA.com