Usaha Sampingan Untuk Karyawan – Bagian I: Financial Advisor

Harga kebutuhan hidup yang semakin meningkat biasanya tidak diiringi dengan kenaikan gaji para karyawan. Banyak yang mulai mencari usaha sampingan untuk karyawan sebagai langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun, biasanya usaha yang dijalankan para karyawan adalah usaha online karena status orang-orang tersebut yang masih karyawan dan terikat jam kerja sehingga tidak bisa meninggalkan kantor dengan leluasa.

Usaha Sampingan Untuk Karyawan - Fotolia

Usaha Sampingan Untuk Karyawan – Fotolia

Usaha Sampingan Untuk Karyawan: Konsultan Keuangan Online

Mencari usaha sampingan modal kecil untuk karyawan memang tidak mudah karena karyawan masih terikat peraturan sehingga tidak bisa membuka bisnis di luar kantor. Dengan mengandalkan bakat dan kemampuan di bidang keuangan, anda bisa menjadi konsultan keuangan online sebagai pilihan berbisnis sampingan tapi tetap bisa menjalankan perannya sebagai karyawan. Untuk menjadi seorang konsultan keuangan, Anda harus memenuhi syarat tertentu. Di antaranya:

Memiliki Latar Belakang Pendidikan yang Relevan

Ini merupakan syarat penting bagi Anda yang memiliki minat untuk menjadi penasehat keuangan sebagai usaha sampingan untuk karyawan swasta. Pendidikan yang tinggi mampu memberikan Anda banyak ilmu. Anda juga bisa meyakinkan calon klien tentang kapasitas anda di bidang keuangan jika anda memilih latar belakang pendidikan yang sesuai. Bagaimana orang akan percaya jika anda tidak memiliki latar belakang yang pas? Selain itu, Perbanyak ilmu Anda dengan kursus-kursus yang menunjang kemampuan Anda.

Memiliki sertifikat

Untuk menjadi seorang konsultan keuangan, memiliki sertifikat di bidangnya merupakan sebuah keharusan sebagai bukti bahwa Anda mampu dan berpengalaman dalam bidangnya. Apabila Anda tidak memiliki sertifikat, sulit untuk Anda menemukan perusahaan yang mau merekrut jasa Anda sebagai penasehat keuangan. Sertifikat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penasehat keuangan antara lain Certified Public Accountant (CPA), Certified Internals Auditors (CIA), dan Certified Managements Accountants (CMA).

Menguasai laporan keuangan

Kemampuan Anda sebagai konsultan keuangan akan diakui apabila Anda menguasai analisis laporan keuangan sebuah perusahaan. Anda dituntut untuk bisa menemukan masalah yang terdapat pada laporan keuangan dan mencari solusi terbaik dan efektif bagi perkembangan perusahaan tersebut.

Menguasai ilmu akuntansi

Memahami dan menguasai logika akuntansi dapat sangat membantu Anda dalam menganalisa laporan keuangan suatu perusahaan dan menemukan solusi. Menguasai akuntansi sendiri dapat memperlancar usaha sampingan Anda sebagai konsultan keuangan karena menjadi penasehat keuangan online merupakan jenis usaha sampingan untuk karyawan yang membutuhkan skill khusus.

Pengetahuan dalam bisnis

Setiap perusahaan dibangun untuk menjalankan sebuah bisnis. Disini, seorang penasehat keuangan harus dapat menguasai alur bisnis dari perusahaan tersebut baik dari neraca keuangan, dana kas, penjualan dan pembelian sehingga mempermudah Anda dalam bekerja.

Mengembangkan Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Menjadi konsultan keuangan sebagai contoh usaha sampingan untuk karyawan memang cukup sulit untuk memulainya, namun apabila Anda mampu melakukannya dengan baik, penghasilan yang Anda dapatkan justru bisa melebihi penghasilan Anda sebagai karyawan biasa. Berikut ini tips memulai usaha konsultan keuangan online:

  • Membentuk reputasi diri dengan baik sebelum memulai bisnis
  • Bekerja sama dengan perusahaan lain yang sedang membutukan jasa penasehat keuangan secara online
  • Rajin mempromosikan diri lewat internet untuk mendapatkan klien
  • Lakukan pelayanan dengan cepat, ramah dan komunikatif
  • Berikanlah saran yang membangun dan solusi tepat untuk masalah keuangan
  • Terus belajar karena masalah yang datang bisa bervariasi

Apabila Anda sudah memahami dengan jelas baik syarat dan tips untuk menjadi seorang konsultan keuangan, maka Anda sudah bisa memulai hal tersebut sebagai usaha sampingan untuk karyawan dan bisa mendapatkan penghasilan dari usaha sampingan tersebut. Jika Anda melakukannya dengan tekun, usaha ini akan semakin besar dan memberikan laba besar.

Info Bisnis:

apakah bagian financial consultant harus merekrut orang - pekerjaan sampingan advisor keuangan - usaha sampingan untuk pegawai akuntansi -
Content Protection by DMCA.com