Usaha Sampingan yang Menguntungkan Untuk Karyawan – Bagian 2

Di era yang modern dan semakin berkembang ini, memiliki satu jenis pekerjaan saja tidaklah cukup. Anda sudah harus mencari usaha sampingan yang menguntungkan guna mengantisipasi tingginya harga kebutuhan pokok yang semakin lama semakin meningkat. Saat ini, usaha online lah yang paling banyak diminati karena tidak membutuhkan tempat khusus atau alat-alat yang mahal untuk memulainya. Selain itu, anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama anda untuk menjalankan bisnis secara online.

Usaha sampingan yang menguntungkan - Fotolia

Usaha sampingan yang menguntungkan – Fotolia

Online Coaching: Usaha Sampingan yang Menguntungkan bagi Karyawan

Selain menjadi financial advisor online, salah satu bisnis berbasis internet yang potensial bagi seorang karyawan adalah online coaching. Usaha ini merupakan sebuah bentuk kerja sama atau kemitraan 1 orang atau lebih untuk menginspirasi masyarakat dan memaksimalkan potensi juga bakat yang dimilikinya, dengan menggunakan media online. Online coaching dapat menjadi suatu pilihan usaha sampingan dengan modal kecil yang menguntungkan bagi seorang karyawan, karena bisa dilaksanakan dari rumah atau saat jam istirahat di kantor.

Jika anda berniat menekuni bisnis ini, berikut adalah beberapa prinsip dasar yang perlu anda perhatikan:

Tentukan fokus coaching

Anda bisa memfokuskan diri pada aspeck coaching tertentu atau beberapa aspek sekaligus. Beberapa fokus coaching yang sedang digemari saat ini antara lain life coaching, yang membantu konsumen di bidang aktualisasi diri, motivasi diri, kepercayaan diri, dan pengembangan kepribadian. Adalagi  business coaching yang bertujuan untuk membantu para pengusaha atau karyawan yang sedang kehilangan motivasi usaha, atau couple coaching untuk membantu pasangan dalam menemukan solusi terhadap permasalahan dalam hubungan mereka.

Tunjukkan sikap sebagai seorang coach profesional

Tunjukkan kalau anda memiliki sikap terbuka, fleksibel, dan percaya diri; Sebelum Anda menerapkan pelatihan pada orang lain, pastikan Anda percaya pada diri sendiri bahwa pelatihan yang Anda lakukan akan berpengaruh besar kepada orang tersebut. Bentuk usaha sampingan yang menguntungkan untuk karyawan ini dibangun dengan landasan kejujuran dan kepercayaan. Anda dituntut untuk bisa membangun kepercayaan dari orang yang Anda latih sehingga mau mendengarkan setiap saran Anda dan juga harus bersikap jujur dan jangan memberikan pelatihan palsu pada anggota Anda.

Selain itu, seorang coach harus bertanggung jawab pada hasil akhir pelatihan anggotanya karena Andalah yang memberikan saran dan motivasi terhadap setiap individu yang berbeda. Setiap masalah pasti ada solusi. Di sinilah peran seorang coach diuji untuk mampu memberikan solusi terbaik atas setiap permasalahan yang dihadapi.

Online coaching dilakukan menggunakan media komunikasi - Fotolia

Online coaching dilakukan menggunakan media komunikasi – Fotolia

Tentukan Strategi Pemasaran

Supaya usaha online coaching Anda dikenal, Anda perlu strategi pemasaran yang tepat. Ciptakan mindset bahwa Anda mampu membimbing anggota dalam menyusun rencana bisnis, menyusun strategi bisnis, juga meminimalisir resiko yang akan terjadi ke depannya. Anda harus menuangkan mindset tersebut ke dalam blog atau website dengan tulisan sekreatif mungkin sehingga blog Anda akan dikunjungi oleh banyak orang. Dengan begitu, online coaching ini akan menjadi usaha sampingan yang menguntungkan untuk mahasiswa, karyawan ataupun ibu rumah tangga yang ingin melakukannya.

Buat Portofolio

Untuk lebih meyakinkan calon klien tentang profesionalisme anda, buatlah portofolio atas segala jasa yang sudah anda tawarkan. Pastikan portofolio tersebut dapat diakses oleh pengunjung di website atau blog yang anda miliki. Portofolio dapat mempengaruhi keputusan seseorang untuk menggunakan jasa anda.

Sebagai suatu, online coaching mudah dilakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda di kantor karena dilakukan secara online. Usaha sampingan dirumah yang menguntungkan ini hanya memerlukan komputer atau gadget untuk berkomunikasi dengan klien. Anda juga bisa menggunakan media sosial yang ada seperti Skype atau WhatsUp sebagai media komunikasi dengan klien.

Online coaching merupakan satu dari banyak macam usaha sampingan yang menguntungkan bagi seorang karyawan untuk menghasilkan pendapatan tambahan.  Nah, mulailah menggali potensi anda dan memanfaatkannya secara positif.

Content Protection by DMCA.com