Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga: Bagian 12

Diperlukan pemikiran yang matang, minat, serta kemampuan untuk memulai sebuah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Seseorang harus mulai memikirkan sebuah usaha yang tidak hanya memiliki manfaat untuk dirinya sendiri sebagai pengusaha tetapi juga usaha tersebut harus bermanfaat untuk banyak orang.

Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga - Fotolia

Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga – Fotolia

Usaha yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga: Bisnis Taman Bacaan

Selain bisnis Tupperware dan beberapa usaha rumahan lainnya. bisnis taman bacaan merupakan salah satu pilihan usaha yang cocok buat ibu rumah tangga karena bisa menumbuhkan minat baca bagi banyak masyarakat sehingga bisa menambah pengetahuan, dan anda tidak perlu keluar rumah untuk menjalankannya. Namun ada beberapa hal juga yang harus Anda perhatikan supaya bisnis ini menjadi suskes di antarannya:

Target Pasar

Hal yang paling peting dalam membuka usaha taman bacaan ini adalah mengetahui siapa target konsumen Anda. Apabila target konsumen Adna adalah pelajar dan mahasiswa, maka buku-buku yang ada di dalamnya harus disesuaikan dengan hobi dan minat mahasiswa serta pelajar dalam memilih buku misalnya komik, novel, ataupun majalah.

Apabila taget konsumen Anda anak-anak, maka penuhilah ruangan tersebut dengan buku bacaan anak-anak yang mendidik dan hiburan berkualitas. Apabila Anda msih bingung, cobalah untuk melakukan survey ke beberapa toko buku untuk melihat jumlah konsumen terbanyak dalam toko tersebut sehingga Anda mudah untuk memilih.

Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan awal dari keberhasilan sebuah usaha. Apabila Anda tidak memiliki modal yang banyak, maka Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai taman bacaan dengan memilih ruangan yang cukup besar dan lapang sehingga Anda bisa menempatkan rak-rak buku yang cukup untuk memulai usaha tersebut.

Jika Anda memang memiliki modal yang lebih untuk menyewa tempat, maka pilihlah lokasi usaha di tempat-tempat keramaian seperti sekolah, kampus dan juga area kantor sehingga apabila anak-anak pulang sekolah, maka mereka bisa mampir untuk menyewa beberapa buku untuk dibaca. Apabila bisnis tersebut berjalan lancar, maka Anda tidak perlu repot untuk mencari lagi usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Materi Bacaan

Pemilihan materi bacaan sendiri harus disesuaikan dengan target konsumen tersebut. Apabila Anda berminat untuk menumbuhkan minat baca bagi semua kalangan masyarakat, maka materi bacaan tidak hanya berpusat pada buku hiburan saja seperti komik, novel dan majalah, tetapi juga penuhi rak buku dengan ensiklopedia pengetahuan, kamus, buku motivasi, buku pelajaran, buku ilmu ekonomi dan sebagainya sehingga masyarakat bisa memilih buku yang diinginkan dan minat membaca pun semakin besar

Teknik Promosi

Taman bacaan merupakan usaha yang tepat untuk ibu rumah tangga yang juga mendatangkan keuntungan apabila Anda memiliki strategi pemasaran yang baik juga. Pasanglah banner, logo atau spanduk di depan lokasi usaha Anda supaya konsumen bisa melihatnya dengan jelas. Sebarkan brosur ke tiap sekolah dan juga kampus sehingga pelajar serta mahasiswa bisa melihat dengan teliti buku apa saja yang ditawarkan dalam tempat persewaan Anda dan juga alamat lengkap dari taman bacaan Anda.

Anda juga bisa memasang iklan melalui radio yang ternama di daerah Anda sehingga pendengar tersebut bisa mengetahui usaha yang Anda rintis. Media sosial juga merupakan satu dari berbagai sarana untuk menwarkan produk Anda.

Taman bacaan tersebut juga bisa menjadi usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga muda yang tidak terlalu sibuk dengan urusan rumah dan keluarga. Tambahkan juga fasilitas lain seperti alat pembuat kopi dan juga tawarkan beberapa menu snack sehingga konsumen bisa membaca buku di tempat Anda dan memiliki banyak waktu untuk memilih buku yang ingin disewa.

Usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga melalui sebuah taman bacaan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi untuk membuka usaha yang bermanfaat bagi semua orang.

Info Bisnis:

bisnis yg paling lancar untuk ibu rumah tangga - usaha yang tepat buat ibu rumah tangga -
Content Protection by DMCA.com