Waralaba Jasa Kurir dan Ekspedisi: Peluang Bisnis Era Internet

Era internet membuat banyak orang lebih suka belanja secara daring ketimbang langsung, dan waralaba jasa ikut tumbuh subur bersama dengan tren ini. Jika Anda ingin ikut untung dari tren belanja daring, membuka bisnis kurir dan ekspedisi bisa menjadi salah satu metode. Waralaba jasa semacam ini kini sudah banyak bermunculan, sehingga bisa menjadi pilihan di manapun Anda tinggal dan kemanapun Anda ingin mengembangkan wilayah operasi usaha ini.

Waralaba Jasa Kurir dan Ekspedisi (Fotolia)

Waralaba Jasa Kurir dan Ekspedisi (Fotolia)

Usaha jasa kurir mungkin membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun bisnis waralaba jasa kurir memberi Anda kemudahan dari segi penyediaan program usaha, merk, sistem bisnis, bimbingan usaha, dan sebagainya.

Alasan Memilih Waralaba Jasa Kurir dan Ekspedisi

Jasa kurir adalah layanan dengan risiko cukup besar karena Anda harus menangani barang milik banyak orang yang harus dikirim ke daerah-daerah lain. Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai keuntungan dari mengelola bisnis waralaba jasa ekspedisi, yaitu:

Bukan bisnis musiman

Bisnis ekspedisi bukan bisnis musiman dan akan selalu menemukan pelanggan. Bahkan di era sebelum internet populer, bisnis ini sudah diperlukan. Dengan adanya teknologi internet dan tren belanja daring, Anda bisa memanfaatkan kebutuhan luas akan jasa kurir untuk mendapat keuntungan bisnis.

Dapat digabungkan dengan usaha lainnya

Bisnis kurir dan ekspedisi cukup fleksibel sehingga bisa Anda gabungkan dengan usaha lainnya. Contoh waralaba jasa yang menyediakan layanan bervariasi ini antara lain adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Bisnis waralaba jasa kurir ini tidak hanya menyediakan jasa pengantaran dokumen, tetapi juga loket pembayaran uang listrik, air, dan pembelian pulsa. Jasa kurir ini juga menarik bayaran untuk jasa penyimpanan barang sementara.

Bisa menyasar usaha besar dan kecil

Jasa kurir tidak hanya melayani pelanggan individual, tetapi juga perusahaan dan bisnis baik yang besar maupun kecil. Waralaba jasa kurir dan ekspedisi dapat menyasar berbagai jenis usaha sehingga Anda berkesempatan mendapat pelanggan tetap.

Mendapat pelatihan dan pilihan paket usaha

Rata-rata usaha waralaba jasa kurir menawarkan pelatihan usaha bersama dengan paket bisnis, sehingga bahkan yang baru pertama kali berbisnis dapat menjalankan usaha ini. Selain itu, paket usaha waralaba biasanya memberi pilihan antara menjadi subagen atau agen, dimana yang pertama lebih murah namun memberi fasilitas terbatas, sedangkan yang kedua lebih lengkap.

Usaha waralaba jasa kurir dan ekspedisi termasuk bisnis yang tak akan pernah mati selama kebutuhan untuk mengirim produk masih ada. Manfaatkan tren bisnis dan pemasaran daring untuk mendapat keuntungan lewat jasa kurir ini.

Tips Memilih Waralaba Jasa Kurir

Saat ini ada berbagai waralaba jasa kurir, namun secara umum, nama yang sudah dikenal luas akan membuat Anda lebih mudah mendapat pelanggan. Ini karena pengiriman barang adalah sesuatu yang berisiko, sehingga pelanggan biasanya tak ingin mengambil risiko dengan usaha yang belum terlalu terjamin.

Waralaba yang sudah terkenal seperti Tiki, RPX dan SAP biasanya menawarkan paket dengan harga yang agak lebih mahal, namun lengkap serta berkualitas. Anda bisa mendapat paket usaha yang cukup lengkap. Misalnya, Anda bisa mendapat fasilitas promosi seperti spanduk, mendapat bantuan mengurus izin usaha, bahkan mendapat timbangan resmi yang berkapasitas hingga 100 kg. Dengan bantuan waralaba jasa kurir dan ekspedisi yang menyediakan paket bisnis lengkap, Anda bisa memanfaatkan kepopuleran era belanja daring untuk meraup keuntungan dari layanan ini.

Info Bisnis:

contoh jasa kurir menarik -
Content Protection by DMCA.com